Meski Hanya Beda S, Perbedaan HTTP dan HTTPS Sangat Mendasar

Perbedaan HTTP dan HTTPS, itu topik bahasan dalam artikel kita kali ini. Sepertinya kog sederhana sekali ya. Hanya beda huruf S saja. Tetapi sebenarnya penggunaan huruf S ini menyebabkan yang sangat mendasar di dalam situs atau website yang kita jelajahi. Perbedaan ini sama dengan perbedaan dalam dunia kuota internet, antara MBps dengan Mbps.

Kalau kamu masih tidak percaya bahwa ada HTTP dan HTTPS, Cobalah kamu buka browser untuk menjelajah di dunia maya. Lihatlah pada alamat situs. Pasti ada yang di awali dengan HTTP dan HTTPS. Nah, karena adanya huruf S itu, ada beberapa perbedaan yang terjadi.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Apa Itu HTTP?

HTTP merupakan akronim dari kata Hypertext Transfer Protocol. Hypertext Transfer Protocol bisa diartikan sebagai sebuah permintaah atau respon protokol yang didasarkan pada keberadaan komunikasi klien atau server. Bingung? Pokoknya, HTTP itu sebuah protokol yang mengatur adanya komunikasi antara klien dan server. Dalam dunia internet kog ada klien dan server? Siapa mereka?

Pertanyaan cerdas. Klien disini bukanlah manusia, melainkan web browser atau perangkat lain yang memiliki kemampuan untuk menerima, mengakses dan menampilkan konten dalam sebuah website. Jadi setiap kali klien mengirimkan pesan ke server dengan host konten berupa HTML, server akan menjawabnya dengan respon yang sama pula. Ia akan menjawab dengan respon pesan berisi konten HTML. Kegiatan mengirim dan merespon ini di atur oleh satu protokol yang disebut HTML.

Apa Itu HTTPS?

Lalu apa itu HTTPS? HTTPS adalah akronim dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Kata S dibelakang itu berarti Secure. Karena ada kata secure, HTTPS jauh lebih aman ketimbang HTTP, ia adalah versi secure atau versi yang lebih aman dari HTTP.

Dilihat dari sejarahnya, HTTPS ada sejak tahun 1993 atas gagasan dan pengembangan dari Netscape Communications. Pada penggunaanya, selain pada server, HTTPS juga digunakan pada Secure Socket Layer (SSL) yang kemudian mengalami pembaharuan dengan nama TSL (Transpor Layer Security).

Di banding dengan HTTP, website sekarang lebih banyak yang menggunakan dukungan protokol HTTPS. Sehingga, website sekarang pasti membutuhkan dukungan SSL Certificate untuk mengautentikasi website atau server yang ingin menggunakan protokol HTTPS. Untuk gampangnya, kamu mungkin pernah lihat simbol gembok yang ada di sebelah kiri link address pada bar yang tersaji di browser. Cobalah klik simbol gembok tersebut, maka kamu akan melihat halaman sertifikat autentifikasi dari sebuah website.

Lalu, Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS?

Dari pengertian di atas, dapatlah ditarik beberapa kesimpulan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS. Berikut beberapa perbedaan yang harus kamu tahu:

  • Pertama, di banding dengan dengan HTTPS, HTTP tidak bisa memberi jaminan keamanan data antara klien dan server. Tentu berbeda dengan HTTPS yang mampu memberikan jaminan keamanan antara klien dan server.
  • Kedua; HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.
  • Selanjutnya, ada perbedaan pula pada kebutuhan SSL. HTTP adalah protokol yang digunakan untuk komunikasi antara server dan klien jika kamu tidak ingin diharuskan untuk memiliki sertifikat SSL. Sementara kalau kamu ingin menggunakan HTTPS untuk protokol komunikasi antara server dan klien, kamu harus memiliki sertifikat SSL. Dengan punya sertifikat SSL kamu memiliki kemungkinan untuk dapat melakukan enkripsi data antara klien dan server.

Nah, itulah perbedaan antara HTTP dan HTTPS. Meski terlihat hanya beda huruf S, perbedaan yang sebenarnya lebih dari itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *