5 Fakta Mengenai Orang Sunda

Suku sunda adalah suku yang paling bisa dikomersilkan di Indonesia. Sering sekali yang diambil adalah aksen atau logatnya. Dikarenakan hak itu, suku sunda merupakan salah satu suku yang terkenal di indonesia. Selain itu suku sunda juga merupakan suku terbesar ke 2di indonesia setelah suku jawa. Pulau jawa sendiri dibagi menjadi 3 bagian yakni Jawa barat, Jawa tengah, dan Jawa timur. Suku sunda adalah suku yang menghuni pulau jawa bagian barat, yang biasa kita sebut Jawa barat ( Jabar ). Tanpa banyak basa basi lagi, disini saya akan sampaikan 5 fakta orang sunda.

Tidak Peka Pada Huruf F

Huruf F memang menjadi kelemahan lidahnya orang sunda. Berdasarkan pengalaman saya, orang sunda itu memang tidak peka pada huruf F. Misallkan Firman menjadi Pirman, Film menjadi Pilem, Fakta menjadi Pakta, dan masih banyak lagi. Memang tak semua orang sunda itu tidak peka pada huruf F, tapi memang rata rata orang sunda tidak peka pada huruf F.

Pencampuran Bahasa

Ini juga masih berdasarkan pengalaman saya, orang sunda itu walaupun memakai bahasa indonesia, tapi tetap saja susah move on dari bahasa sunda. Contoh seperti, da aku mah apa atuh, udah biarin aja weh, ai itu teh siapa, dan masih banyak lagi.

Sopan Santun

Jawa barat sendiri memiliki cuaca sejuk, yang sangat mempengaruhi sifat dan perilaku, kebiasaan orang orang sunda. Contoh seperti, untuk menanyakan alamat saja, mereka seperti orang yang mau bertamu kerumah, mungkin saking sopannya (mereun).

Agama Religius

Ini juga yang menjadi ciri khas orang sunda dimana pun berada. Terbukti dengan terkenalnya jawa barat sebagai basisnya pesantren terbanyak di indonesia.

Gemar Bercanda 

Untuk yang satu ini jangan langsung berpikiran negatif ya. Maksud rasisnya bukan menjelek jelekan atau menghina. Contoh seperti orang medan yang ada di jawa barat di panggil si batak, orang jawa menjadi si jawa, orang ambon menjadi si beta, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *