Peluang Usaha Unik, Somay Rasa Buah dan Sayur

Somay merupakan jajanan yang enak dan banyak ditemui di mana-mana. Anda bisa membeli somay di restoran, di tukang somay yang naik sepeda atau pun mendorong gerobak, atau pun stan somay di mal. Nah, tak dapat dipungkiri bahwa somay masih menjadi peluang usaha rumahan 2017 yang potensial.

Keunikan Produk

Tetapi dengan banyaknya pedagang somay, tentunya persaingan pun ketat. Anda harus bisa menyajikan somay dengan rasa yang paling enak agar bisa menjadi pilihan. Bisa juga Anda melakukan inovasi pada somay. Salah satu pelaku usaha somay ada yang membuat piring somay dari pangsit kering yang bisa dimakan, membuat somay dengan stan warna serba pink dan lain sebagainya.

Nah, ini berarti Anda harus menggunakan daya imajinasi dan kreatifitas agar bisa membuat usaha somay yang unik dan diminati. Salah satu usaha somay yang belum banyak dilirik orang adalah membuat somay dengan rasa buah dan sayuran. Somay ini memiliki tampilan yang menarik karena memiliki warna warni layaknya buah atau sayuran.

Somay Rasa Buah dan Sayur

Tentu saja layaknya somay pada umumnya, bahan dasar yang digunakan adalah ikan. Bumbu yang dipakai untuk menyiram somay ini pun masih menggunakan bahan dasar kacang. Jadi secara umum somay ini tak berbeda dengan somay pada umumnya. Tetapi dari segi warna, somay ini memiliki beragam warna, seperti hijau, jingga, merah dan ungu.

Jangan khawatir somay yang diproduksi tak sehat, karena warna tersebut dihasilkan oleh ekstrak sayur-sayuran, buah dan umbi-umbian. Warna somay yang hijau bisa dihasilkan dengan mencampurkan bayam pada adonan. Sedangkan warna jingga menggunakan biang jus wortel. Somay yang berwarna merah menggunakan sari buah naga. Nah yang lagi tren saat ini adalah warna ungu yang berasal dari ubi ungu. Bahkan ubi ungu ini pun sering dipakai sebagai minuman bubble dan makanan lainnya.

Agar orang tetap memiliki pilihan somay dengan rasa standar, tentu saja Anda bisa tetap memproduksi somay ikakn yang klasik. Sediakan juga sayuran yang biasa disajikan bersama somay seperti kentang, kol dan pare. Dan tentu saja pendamping somay berupa tahu, baik itu tahu putih atau pun tahu coklat. Semuanya pun tetap nikmat dengan resep bumbu kacang yang segar.

Dari berbisnis somay ini, jika rata-rata per hari bisa laku 1000 pieces dengan harga per pieces sebesar Rp 2.000, maka omset yang dicapai per hari sudah sebesar Rp 2 juta. Jadi setidaknya satu bulan dapat terjual sekitar 30 ribu pieces somay dengan omset Rp 60 juta per bulan. Nah, bila keuntungan bersih dari berjualan somay ini seperti berdagang makanan pada umumnya, yaitu sebesar 30%, maka keuntungan yang dicapai per bulan adalah sebesar Rp 18 juta. Benar-benar bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan bukan?

Modal Usaha

Bila sudah tergiur untuk membuka usaha somay ini, coba kita telaah terlebih dahulu, berapa besar modal yang perlu dikeluarkan di awal. Tentu saja modal awal ini berbeda-beda tergantung lokasi yang akan digunakan. Sewa ruang usaha saat ini berada pada kisaran Rp 2,5 juta hingga Rp 10 juta per bulan. Sementara itu, modal untuk membuat somay sendiri sekitar Rp 2 juta. Ini pun tergantung dari bahan baku, apakah mengalami kenaikan atau tidak. Peralatan dapur bisa menggunakan perlengkapan dapur standar yang sudah ada.

Lokasi

Lokasi yang menguntungkan untuk berjualan somay biasanya adalah di kantin sekolah, kantin kampus, bazar dan lain-lain. Jangan segan juga memperluas jaringan pemasaran dengan memberikan layanan antar berdasarkan pemesanan.

Jadi apakah Anda tertarik untuk membuka usaha somay ini? Jangan lupa kirim sample ya! Siapa tahu saya mau ikutan pesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *