Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan untuk dapat Lowongan Kerja Luar Negeri

Untuk bertahan hidup manusia tidak bisa hanya dengan menengadahkan tangan, melainkan kita perlu bekerja termasuk mencari lowongan kerja luar negeri. Apalagi saat menginjak dewasa, pasti akan ada rasa malu saat masih meminta pada orang tua. Maka dari itu kamu harus segera mencari pekerjaan supaya mendapatkan uang untuk bisa bertahan hidup. Minimal kamu harus memenuhi prinsip hidup bahwa bekerja adalah kewajiban setiap insan demi hidupnya besok.

Ada berbagai pekerjaan yang bisa kamu pilih untuk bertahan hidup. Tapi kini lowongan pekerjaan di Indonesia semakin menipis. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah tenaga kerja yang terus meningkat. Untuk itu kamu perlu menambah keterampilan untuk bisa bekerja di luar negeri. Jangan pandang remeh pekerjaan di luar negeri. Meski kamu nanti akan disebut sebagai Tenaga Kerja Indonesia, kamu akan bekerja di berbagai bidang formal dan nonformal.

Jenis Lowongan Kerja Luar Negeri Yang Keren

Bahkan ada beberapa pekerjaan yang membuatmu terlihat lebih keren di mata orang lain. Bukan sebuah pekerjaan yang hina. Apalagi kalau kamu bekerja di luar negeri, selain mendapatkan gaji yang jauh lebih besar daripada bekerja di dalam negeri, kamu juga akan menambah pendapatan negaramu. Terutama jika kamu menguasai bidang kerja lunak, bukan yang kasar. Pekerjaan-pekerjaan yang bisa kamu pilih untuk bekerja di luar negeri adalah sebagai berikut:

  1. Tenaga medis: di luar negeri banyak yang membutuhkan tenaga medis dari Indonesia. Tak heran ada perawat dan suster Indonesia yang bekerja di berbagai negeri seperti: Arab Saudi, Korea Selatan dan negara-negara lain.
  2. Karyawan kantor atau pabrik: kamu harus bersaing dengan pekerja lokal. Untuk itu sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri sebagai karyawan kantor atau pabrik, milikilah keahlian dan keterampilan yang lebih.
  3. Pembuat animasi: Indonesia memiliki banyak animator keren. Mungkin salah satunya adalah kamu. Jangan rendah diri dan buat dirimu berkembang di luar negeri.

Syarat dapatkan Kerja Di luar Negeri

Di dunia ini pasti tidak sedikit yang menginginkan pekerjaan. Pastinya untuk mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan, kamu perlu melakukan berbagai usaha. Mulai dari menguasai bahasa negara yang ingin kamu tuju, caranya dengan:

  1. Mengambil kursus bahasa. Biasanya berbagai lembaga ketenagaan kerja menyediakan kelas ini. Atau kamu bisa mengambil kelas kursus bahasa di tempat bimbingan belajar.
  2. Berinteraksi dengan orang yang berasal dari negara yang bersangkutan. Karena dengan berkomunikasi secara rutin dengan orang yang berbahasa yang kamu ingin kuasai akan memudahkanmu dalam berbahasa asing secara fasih.
  3. Pelajari berbagai kota yang ada di drama, film, dan buku. Karena belajar saat senang akan membuatmu mudah hafal dan paham.

Selain itu ada cara terbaik untuk bisa mendapatkan lowongan kerja luar negeri, yaitu dengan kuliah di negara yang kamu inginkan. Dengan begitu pekerjaan bisa lebih mudah didapatkan. Selain itu, visa yang bisa kamu pakai adalah visa belajar yang jauh lebih murah dibanding visa bekerja. Tentu dengan menggunakan visa belajar, kamu memang harus benar-benar terdaftar sebagai pelajar di sana. Jangan sampai kamu masuk sebagai tenaga kerja ilegal. Sebab kalau iya, kamu bisa dideportasi dan itu memalukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *