7 Rahasia Sehat dan Panjang Umur Warga Jepang

Sudah tak perlu diragukan lagi sebagaimana tertulis dalam artikel seputar kesehatan, warga jepang terkenal dengan kondisi kesehatan tubuhnya yang prima dan memiliki umur panjang. Rata-rata angka harapan hidup mereka jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara semaju amerika serikat. Bahkan dijepang, penduduk dengan tubuh obesitas sangat jarang ditemui. Meski bukan berarti tidak ada.

Rahasia Panjang Umur Penduduk Jepang

Tentunya hal itu muncul tak lepas dari kebiasaan mereka yang sudah diterapkan dari generasi ke generasi. Ingin sehat dan panjang umur seperti warga jepang? Inilah rahasianya.

  1. Sarapan

Rahasia warga jepang sehat dan panjang umur pertama adalah sarapan. Di jepang sarapan merupakan the most important meal of the day. Jadi mereka menganggap bahwa sarapan adalah waktu yang tepat untuk makan dengan porsi besar. Serangkaian menu lengkap dihidangkan ketika sarapan. Dan yang tak boleh lupa adalah menu sup miso. Karena semangkuk sup miso dipercaya akan memberikan kita modal tenaga yang cukup untuk aktifitas seharian.

  1. Nasi

Layaknya warga Indonesia, di jepang nasi merupakan makanan pokok yang selalu tersaji di meja makan lho. Warga jepang juga tidak mencantumkan roti sebagai menu mereka. Karena itu, mereka mengkonsumsi tepung terigupun dalam jumlah yang minim.

  1. Porsi Kecil

Perhatikan saja, di jepang piring tak pernah terisi penuh. Selain itu disana juga ada semacam kebiasaan yang menyebutkan bahwa mereka dianjurkan untuk berhenti setelah menyantap 80% hidangan yang mereka makan. Hal ini membuat setiap orang tidak pernah makan terburu-buru dan makan dengan porsi kecil.

  1. Kombinasi Yang Tepat Hidangan Rumahan

Rahasia warga jepang sehat dan panjang umur selanjutnya adalah kombinasi yang tepat hidangan rumahan. Warga jepang tak terlalu gemar menikmati makanan di restoran guys. Oleh karena itu biasanya masakan rumahan di jepang disajikan dengan kombinasu menu sangat komplit. Satu set makanan rumahan ala jepang biasanya berisi ikan bakar, nasi, sayur rebus, semangkuk sup miso, dan juga teh hijau.

  1. Teknik Memasak

Di jepang teknik memasak menjadi hal yang wajib diperhatikan lho. Teknik memasak di jepang biasanya dikukus, panggang, tumis, hingga rebus. Selain itu mereka selalu menggunakan minyak goreng yang sehat serta menghindari memasak dengan suhu tinggi dalam waktu lama. Wah, pantesan warga jepang sehat dan panjang umur ya guys.

  1. Mengurangi Dessert

Rahasia warga jepang sehat dan panjang umur terakhir adalah mengurangi dessert. Berbeda dengan banyak Negara lain yang penduduknya menjadikan dessert sebagai hidangan wajib setelah selesai makan. Karena faktanya warga jepang lebih menyukai makan buah sebagai pencuci mulut daripada makan sesuatu yang manis.

  1. Suka Jalan kaki

Negara semaju jepang dengan kendaraan modern banyak ditemui dimana-mana. Para penduduknya juga bisa dibilang memiliki kendaraan pribadi masing-masing. Tapi bukan berarti mereka suka kemana-mana menggunakan kendaraan pribadi. Selama masih bisa ditempuh dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan umum mereka akan memilih tidak menggunakan kendaraan pribadi mereka. Mereka menjadikan jalan kaki sebagai bagian dari budaya hidup mereka.

Nah sekarang sudah tahukan rahasia warga jepang sehat dan panjang umur. Jika kalian ingin selalu sehat dan panjang umur bisa kok meniru kebiasan warga jepang ini. tapi sepertinya kebiasaan di Jepang sulit sekali ditiru, sebab bangsa ini punya kebiasaan sendiri dan kalaupun meniru lebih suka meniru budaya barat. Padahal artikel seputar kesehatan jelas lebih mengunggulkan jepasng soal kesehatan dibanding barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *