Manfaat Tanya Dokter Kandungan Pada Awal Kehamilan

Cobalah untuk tanya dokter kandungan jika bunda sedang dalam masa kehamilan awal. Sebab masa kehamilan merupakan masa yang sangat berpengaruh dalam mewujudkan cita-cita setiap pasangan dalam mendapatkan anak yang sesuai dengan dambaannya. Sehingga sangat dianjurkan pada masa ini setiap pasangan memantau kondisi baik ibu hamil maupun calon bayi apakah dalam kondisi yang baik atau sebaliknya.

Melakukan pemeriksaan ke dokter ataupun sekedar bertanya terkait kehamilan adalah salah satu upaya guna meminimlisir terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan dikemudian hari. Berikut akan dipaparkan beberapa manfaat yang akan anda dapatkan ketika anda bertanya pada dokter di awal kehamilan:

Manfaat Tanya Dokter Kandungan Di Awal Kehamilan

  1. Mengetahui Usia Kehamilan Secara Akurat

Umumnya wanita yang hamil tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Kehamilan baru disadari ketika wanita mengalami tanda-tanda seperti mual dan muntah dipagi hari (morning sickness), berhentinya menstruasi, atau yang lebih mendekati akurat adalah tanda dua garis merah pada tes kehamilan. Namun tanda-tanda yang telah disebutkan belum seratus persen akurat dalam menentuakn bahwa wanita sedang hamil ataupun tidak dan menentukan berapa usia janin dalam kandungan.

Sehingga diperlukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mengetahui secara akurat kandungan ibu hamil dan usia kehamilannya. Dokter biasanya akan menentuka usia kehamilan berdasarkan pada hari pertama menstruasi terakhir, serta berdasarkan pemeriksaan USG (Ultrasonografi). Melalui cara tersebut usia kehamilan akan dapat dihitung dan membantu menentukan usia kehamilan yang lebih akurat. Dari ketentuan usia ini Keuntungan yang akan didapatkan oleh ibu hamil adalah persiapan nutersi yang sesuai dengan usia kehamilan.

Selain itu ibu hamil dapat pula meminimalisir gangguan kehamilan yang muncul sesuai usia kehamilan, serta dengan adanya pemeriksaan USG dapat diketahui keadaan kandungan apakah normal atau tidak. Hal ini tentunya berdasarkan keterangan dan penjelasan dari dokter. Untuk itulah jika anda ke dokter kandungan tanyakan berapa usia kehamilan anda dan apa saja yang harus anda lakukan di usia kehamilan ini.

  1. Memonitor Kesehatan Ibu dan Janin Sedini Mungkin

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan jika anda bertanya ke dokter kandungan di awal kehamilan adalah monitoring kesehatan ibu dan calon bayi sedini mungkin. Dengan berkonsultasi ke dokter anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan atau ante natal care (ANC).

Pemeriksaan tersebut sangatlah berguna untuk melihat dan menanggulangi rasa tidak nayaman ibu saat hamil, serta dapat mengetahui kondisi kesehatan ibu dan calon bayi dalam kandungan. Ini merupakan serangkaian pemeriksaan yang dilakukan secara berkala mulai masa awal kehamilan hingga masa proses persalinan, sehingga akan terwujud kehamilan yang sehat dan optimal.

  1. Mendapatkan Perawatan yang Tepat dalam Kehamilan

Selain dapat memonitor dan menentukan keakuratan usia kehamilan, bertanya ke dokter kandungan terkait kehamilan diperlukan untuk menentukan hal-hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil dan untuk mempersiapkan calon bayi yang normal dan sehat tanpa cacat, sesuai idaman sang orang tua. Dengan bertanya dan melakukan pemeriksaan rutin dari awal kehamilan sang ibu dan calon bayi akan mendapatkan perawatan yang tepat dalam masa kehamilan.

Terlebih bagi ibu hamil yang berisiko tinggi mengalami ketidaknyamanan dalam kehamilannya. Karena tidak semua ibu hamil memiliki kondisi yang baik pada fisik dan rahimnya, sehingga diperlukan perawatan yang sesuai yang akan didapatkan jika anda berkonsultasi kepada dokter.

Demikian beberapa manfaat yang anda dapatkan jika dalam masa kehamilan anda rutin tanya dokter kandungan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *