Berbagai Penyebab Kolesterol Menjadi Tinggi

Sesuatu hadir selalu didasari alasan. Tidak mungkin hadir begitu saja tanpa sebab. Untuk menghindarinya agar tidak hadir di hidup kita, maka Anda perlu menghindari penyebabnya. Kolesterol tinggi bisa dihindari dengan mengetahui apa saja penyebabnya.

Faktor-faktor yang disebabkan tidak cuma karena kebiasaan hidup yang tidak baik, tapi ada pula dikarenakan faktor lain. Yaitu keturunan.

Anda harus hati-hati jika di keluarga Anda mempunyai riwayat penyakit kolesterol tinggi.

Penyebabnya bisa dihindari dan bila sudah telat menghindar, Anda bisa melakukan hal-hal yang membuat kolesterol menjadi turun.

Penyebab yang ditimbulkan di antaranya adalah :

  • Faktor keturunan

Orang yang di keluarganya mempunyai kolesterol tinggi, besar kemungkinan akan turun pada anaknya. Bila di keluarga diketahui demikian, Anda baiknya melakukan penanganan secara cepat untuk kesehatan Anda sendiri. Hindari hal-hal yang membuat kolesterol menjadi tinggi.

  • Usia

Usia memengaruhi kolesterol menjadi tinggi. Jika seorang pria berusia di atas 50 tahun, kolesterol akan mudah naik. Sementara untuk wanita, masa kolesterol mudah naik dialami pada waktu menopause datang.

  • Makanan

Ada bermacam-macam makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Lemak jenuh yang cuma mengenyangkan tapi tidak bisa menjaga kolesterol Anda tetap stabil. Makanan-makanan itu antara lain, ada santan, otak babi, cumi-cumi, jeroan sapi, otak sapi, dan masih banyak lagi.

  • Kebiasaan hidup

Kebiasaan hidup seperti apa yang dimaksud? Tentu saja kebiasaan hidup yang tidak sehat.

Seperti merokok, kebiasaan ini tidak bisa dipertahankan. Sebab dapat membuat kolesterol menjadi tinggi.

Kebiasaan lain seperti kurang aktivitas fisik pun juga. Kurang bergerak, beraktivitas, hingga lemak menumpuk, membuat dinding pembuluh darah mengeras, menghambat laju darah yang mengalir.

  • Berat badan

Ada hubungannya dengan masalah di atas. Yakni kurang aktivitas fisik. Dapat memicu berat badan bertambah dan tumbuh menjadi gemuk. Berat badan yang bertambah juga didasari alasan makanan yang dipilih. Memakan makanan dengan lemak jenuh tinggi dapat membuat berat badan bertambah.

Hidup sehat memang tidaklah gampang. Apalagi menjaga untuk tetap konsisten, rasanya pasti susah. Namun daripada terkena kolesterol tinggi dan penyakit lainnya, akankah baiknya tetap menjaga kesehatan? Jadi jangan sepelekan hidup dengan menghancurkannya karena kemalasan menjaga kesehatan. Sediakan obat kolesterol dan obat liver untuk mencegah terjadinya penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *