Micro Sleep: Tidur “Instan” yang Berbahaya Saat Mengemudikan Mobil

Pernah merasa ngantuk ketika mengemudikan mobil?

Mengantuk adalah kondisi wajar yang kerap dialami pengemudi mobil. Terutama jika kita harus mengendarai mobil dalam waktu lama untuk menempuh jarak jauh. Namun jangan sampai kondisi ngantuk tersebut mempengaruhi konsentrasi kita. Sebab hal tersebut akan memperbesar risiko kecelakaan.

Meskipun kita sudah memiliki asuransi all risk untuk memproteksi mobil dan keselamatan diri sendiri, kita tetap harus waspada selama mengemudi. Asuransi mobil all risk akan membuat kita tenang dan nyaman karena terhindar dari risiko tak terduga. Sementara untuk urusan mengantuk, kita mesti waspada menyiasatinya.

Micro Sleep yang Mengintai Para Pengemudi

Micro sleep adalah kondisi tertidur sekejap yang bisa dialami oleh para pengemudi. Biasanya pengemudi dalam keadaan segar bugar pun berisiko mengalami micro sleep. Ketika kita melamun selama mengemudikan mobil, pikiran jadi lebih mudah blank hingga menyebabkan kita tertidur selama beberapa detik.

Semua Orang Bisa Mengalami Micro Sleep

Faktanya, bukan hanya pengemudi yang mengantuk saja yang bisa mengalami micro sleep. Pengemudi yang berada dalam kondisi prima pun bisa mengalaminya. Biasanya micro sleep sering terjadi ketika kita terbiasa melewati rute jalanan tertentu. Sebab otak tak perlu bekerja ekstra keras untuk mengingat atau memprediksi kondisi jalanan.

Otak yang sudah terbiasa dengan rute yang sama setiap hari akan lebih mudah blank dan menimbulkan micro sleep. Hal sepele ini bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas yang fatal ketika kita melintasi jalanan yang padat merayap.

Cara Mudah Menghindari Micro Sleep

Waalaupun micro sleep bisa dialami oleh semua orang, bukan berarti kita tak bisa melakukan langkah antisipasi. Cobalah mencari kebiasaan baru supaya aktivitas mengemudi tidak terasa monoton. Kita bisa mengubah rute dengan melewati jalanan alternatif atau mengamati kondisi jalanan secara lebih teliti. Misalnya, mengamati kejadian unik di jalan atau menjaga kondisi otak agar tetap produktif selama kita mengemudikan mobil.

Pengemudi cerdas pasti memahami kondisi diri sendiri dengan baik. Hal ini akan membuat kita senantiasa bersemangat dan fit ketika mengemudi. Risiko micro sleep yang fatal akibatnya pun tak akan mengintai kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *