Perawatan Kulit Wajah Berminyak dan Berkomedo Secara Alami


Perawatan kulit wanita ada banyak jenisnya, mulai dari perawatan kulit kering, perawatan kulit putih, dan juga perawatan kulit berminyak. Nah untuk kali ini, kita akan bahas mengenai perawatan kulit berminyak yang biasanya juga menyebabkan timbulnya komedo di wajah. kulit wajah yang berminyak, pasti disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan. Hal itu juga menyebabkan pori-pori di wajah membesar dan menyebabkan munculnya banyak komedo. Itulah sebabnya antara kulit wajah berminyakd engan munculnya komendo adalah hubungan timbal balik. Nah, untuk jenis komedo sendiri ada dua macam, jenis komedo hitam dan putih.

Tapi tenang saja, buat kamu yang punya masalah dengan kulit wajah berminyak dan berkomendo tak perlu kawatir. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi minyak di wajah kamu sekaligus juga menghilangkan komedo. Biasanya ada dua jenis cara yang bisa kamu pakai, cara alami dan cara modern. Tapi yang terpenting dari dua cara tersebut adalah kamu harus bisa bersabar dalam menjalani perawatan. Namanya juga perawatan, pasti tidak ada yang instan.

Merawat Kulit Wajah Berminyak Dan Berkomedo

Mari kita ulas satu persatu cara yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan komedo sekaligus mengurangi produksi minyak yang berlebih di wajah kamu.

  1. Kenali Jenis Kulit Anda

Hal pertama sebelum kamu melakukan perawatan adalah mengenali jenis kulit kamu. meski kelihatanya kulit kamu berminyak, tapi benarkan jenis kulit kamu adalah jenis kulit berminyak? Bukan jenis kulit wajah normal? Coba cek kembali dan pastikan. Kamu bisa mengenali apakah kulit kamu jenis kulit wajah berminyak atau tidak dengan tes sederhana. Lihatlah pada siang hari ketika kamu tidak terlalu banyak beraktifitas, apakah produksi minyak di wajah kamu berlebih atau tidak. Kalau memang berlebih, kemungkinan kulit wajah kamu berminyak. Kulit wajah berminyak sangat rentan terkena kotoran dan debu. Debu dan kotoran sangat mudah menempel pada kulit wajah berminyak. So kamu butuh segera perawatan kulit wajah berminyak.

  1. Pilihlah Pelembab yang Cocok

Selanjutnya setelah kamu ketahui apa jenis kulit wajah kamu, maka saatnya mennetukan jenis produk kosmetik apa yang cocok untuk kamu. Khususnya pelembab. Pelembab itu produk kecantikan yang sangat esensial, setiap hari pasti kamu menggunakanya. Nah, pilihan yang tepat untuk kamu yang punya kulit wajah berminyak dan berkomedo adalah dengan menggunakan pelembab yang bebas minyak atau oil free. Kamu bisa memilih pelembab yang punya bahan dasar lemon, jeruk nipis atau menntimu. Bahan-bahan tersebut diketahui sangat baik untuk kulit wajah berminyak.

Nah kesalahan banyak perempuan adalah menghindari pelembab dengan alasan ketakutan karena hanya akan menimbulkan produksi minyak berlebih. Padahal tidaklah demikian. Banyak pelembab yang dibuat khusus untuk mereka yang punya kulit wajah berminyak. Yaitu pelembab yang bebas minyak dengan bahan alami. Pelembab sangat dibutuhkan untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

  1. Say No to Comedogenic Product

Oh ya, bagi kamu yang punya kulit wajah berminyak, jangan gunakan produk kecantikan yang menggunakan bahan berlebel comedogenic. Produk comedogenic adalah produk yang digunakan untuk menutup atau menyumbat bagian pori-pori pada wajah sehingga pori-pori tertutup. Nah, produk semacam ini nyatanya hanya akan membuat kulit wajah sulit sekali bernafas sehingga kotoran yang ada pada wajah hanya akan menempel saja. so, wajah malah akan semakin berminyak dan berkomedo.

Selain beberapa perawatan kulit wanita berminyak di atas, kamu juga harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *