10 Pertimbangkan Sebelum Membeli Sepatu Atletik agar Tidak Salah Pilih

Memikirkan sepatu atletik sudah tentu berkaitan dengan olahraga dan gaya hidup. Khususnya untuk sepatu pria, perlu cara tepat agar Anda tidak salah pilih. Industri sepatu atletik kini memang berkembang pesat. Mengingat permintaan dari pasar selalu ada. Olahraga tidak pernah surut dari waktu ke waktu. Permintaan pasar jadi cenderung stabil. Sebelum memilih sepatu, lebih baik pertimbangkan ha-hal ini dulu.

  1. Sesuai Pilihan Aktivitas Olahraga Anda

Setiap cabang olahraga memiliki sepatu masing-masing. Antara satu dengan yang lainnya terdapat perbedaan besar anatara desain dan kegunannya. Anda tidak bisa memakai sepatu bola untuk sepatu tenis. Begitu pula sepatu American Football, tidak boleh dipakai oleh para atlet untuk cabang lari.

Masing-masing punya wilayah sendiri yang tak bisa dilewati. Apabila Anda nekat memilih sepatu yang jelas-jelas tidak kompatibel untuk bidangnya, risikonya ditanggung kaki Anda. Sewaktu-waktu kaki Anda bisa cedera. Untuk itulah cari tahu dulu produksi sepatu mana yang support kegiatan olahraga Anda sebelum membeli.

  1. Apakah Sepatu Anda Masih Baru atau Sudah Lama?

Kalau Anda buru-buru beli sepatu baru gara-gara gayanya kurang cocok, mending kaji ulang alasan kenapa Anda ingin jadi atlet. Seorang atlet tidak terpengaruh karena hal-hal modis. Yang paling penting itu kenyamanan dan day gunanya. Namun tidak salah juga kalau Anda memang hobinya begitu. Cuma, yang lebih penting itu performa olahraga Anda.

Kalau alasan beli sepatu baru karena sepatu Anda sudah lama, maka ini yang tepat. Sebab, banyak perusahaan sepatu yang bilang kalau masa-masa teraik pemakaian memang hanya di awal-awal saja. Bagi atlet profesional, begitu sudah ada tanda-tanda menyulitkan pergerakan kaki mereka, sudah pasti diganti. Daripada kena risiko yang lebih besar, kan mending begitu.

  1. Sesuaikan dengan Budget Anda

Cara ini memang tergolong umum dan sering dibahas. Namun karena keharusannya disertakan, maka juga wajib dipertimbangkan sebelum Anda membeli. Sepatu keluaran terbaru di pasaran tidak terhitung jumlahnya. Semuanya dikemas dengan bentuk dan tawaran yang menarik. Namun yang lebih dulu diperiksa itu kantong dompet Anda.

Sebagai calon pembeli, jangan buru-buru beli gara-gara terpukau dengan tawarannya. Kalau budget Anda tidak sesuai, sementara harga sepatu melambung, bukankah hasilnya hanya angan-angan saja? Jauh lebih baik saat membeli sepatu yang sesuai isi kantong Anda. Cara untuk menyermpurnakan pembelian dengan merawatnya sebaik mungkin.

  1. Coba Dulu Sepatunya secara Langsung

Cara ini khusus untuk Anda yang membeli sepatu di toko offline. Mayoritas pelapak pasti membolehkan Anda mencoba-coba sepatu yang akan dibeli. Hanya sedikit saja yang tidak boleh dengan berbagai macam alasan. Kalau sudah diberi kesempatan, silakan ambil. Sesuaikan dengan ukuran kaki Anda.

Lalu, bagaimana kalau membeli sepatunya via online? Sebenarnya mudah saja. Tinggal periksa sepatu yang pernah digunakan sebelumnya. Inilah pentingnya mencatat nomor sepatu yang pas. Tentu saja agar setiap pembelian sepatu tidak perlu risau soal besaran ukuran lagi. Kalau sudah tahu kan tinggal pilih-pilih saja modelnya.

  1. Hindari Belanja Gara-Gara Tertarik dengan Merek

Memperhatikan merek sepatu memang bagus. Akan tetapi jauh lebih bagus lagi kalau mempertimbangkan kualitasnya. Kualitas sepatu di atas segalanya. Titik. Beberapa brand sepatu atletik yang cukup terkenal itu seperti Nike, Adidas, dan lainnya. Bukan berarti merek sepatu lain kalah bagus kualitasnya. Dalam satu merek saja kadang-kadang ada yang kurang.

Cara mengecek kualitas sepatu bisa dengan melihat deskripsinya. Detail atau tidak. Bahan-bahan sepatunya juga. Namun yang pasti, tinjau pula apakah yang membeli sepatu serupa banyak atau tidak. Cari berdasarkan skala mayoritas saja, sebelum melangkah soal prioritas. Biasanya sepatu yang banyak dicari itu bagus kualitasnya. Bukan merek saja.

  1. Belanjalah pada Waktu Petang

Ketika Anda berbelanja di waktu siang itu bagus. Namun, lebih bagus lagi kalau belanja di akhir hari atau menjelang toko ditutup. Suasana waktu pagi-siang itu umumnya sangat ramai. Hampir di atas 50% kemungkinan salah pilih bisa terjadi. Sebab, dalam keadaan ramai daya fokus otak akan melemah. Akibatnya, penyesuaian sepatu dengan kaki kurang maksimal.

Namun kejadian ini berbeda dengan saat berbelanja via online. Anda tidak perlu waktu khusus untuk mendapatkan sepatu atletik berkualitas. Pagi, siang, sore, bahkan malam pun bisa. Asalkan Anda sudah tahu sepatu mana yang akan dibeli. Misalnya sepatu sneakers. Jadi, begitu konsultasi dengan CS dibuka, tanyakan saja hal-hal seperlunya.

  1. Pakai Kaus Kaki Anda Sendiri

Cara ini untuk mengefisiensikan waktu saja. Sebab, ketika olahraga dimulai, bukankah Anda akan memakai kaus kaki juga? Perbedaannya sangat kentara antara mencoba sepatu tanpa kaus kaki dengan pakai kaus kaki. Hasil pilihan itu akan Anda rasakan begitu waktu-waktu untuk berolahraga akan dimulai. Coba rasakan, apakah ukurannya tidak pas?

  1. Tinggalkan Beberapa Ruangan Toko yang Penuh

Toko yang penuh dengan pengunjung sangat tidak cocok jadi tempat untuk beli sepatu. Umumnya di sana pasti ada acara desak-desakan. Begitu Anda mencoba ruangan untuk menjajal ukuran sepatu, sudah banyak yang mengantre. Akhirnya Anda merasa tak enak hati. Ini masih ada kaitannya dengan kesesuaian ukuran dengan kaki.

Kalau semua toko sepatu di pusat perbelanjaan penuh dengan pengunjung, lebih baik kunjungi lagi hari berikutnya. Tunggu sampai benar-benar longgar. Jangan khawatir Anda akan kehilangan sepatu bidikan di hari selanjutnya. Sekali lagi, pastikan kenyamanan memakai sepatu dijadikan prioritas dalam pembelian Anda, ya.

  1. Cek Kebijakan Pasca Pembelian Sepatu

Sebelum uang diserahkan, cek lebih dulu kebijakan pasca pembelian sepatu. Dengan kata lain yang lebih keren itu cek apakah ada garansinya atau tidak. Beberapa pelapak ada yang mematok kebijakan sendiri. Misalnya sepatu bisa dikembalikan dalam waktu 30 hari dengan alasan tidak puas. Bahkan ada yang boleh dikembalikan meskipun sudah dipakai sekalipun.

Tentu sangat menyakitkan hati kalau beli barang yang tidak ada garansinya. Beli lampu bekas saja ada garansinya, masa beli sepatu baru yang mahal tidak ada? Namun pahami juga. Tidak semua sepatu di toko yang sama ada garansinya. Terutama untuk beberapa barang lawas. Sebab, kalau stok baru kan masih jauh lebih banyak daripada stok lama.

  1. Bawa Sepatu Lama saat Membeli

Mungkin cara ini sedikit norak, tapi buktinya banyak yang berhasil. Alasan banyak pembeli yang tidak memakai cara ini karena gengsi saja biasanya. Mengingat sepatu lama sudah bau, jelek, dan tak layak pandang. Kok malah dibawa-bawa ke toko segala. Kalau Anda ingin mendapatkan sepatu yang sama kualitasnya dengan yang lama, singkirkan gengsi itu, ya.

Para pelapak umumnya sangat tahu betul tentang produk sepatu yang dijualnya. Jadi, begitu Anda menunjukkan sepatu lama, proses pencariannya semakin cepat. Tanpa harus tunggu waktu lama-lama. Tanpa harus mencoba-coba ukuran sepatu. Tinggal pulang dan senyum bahagia.

Itu hanya sekelumit dari cara membeli sepatu atletik agar tidak salah pilih. Mungkin Anda tertarik dengan pembelian sepatu via online? Salah satu toko sepatu terlengkap yang bisa Anda coba bernama bobobo.com. Di sana tidak hanya menjual sepatu, tetapi juga barang-barang lainnya. Mungkin Anda juga tertarik beli perlengkapan menjelang aktivitas olahraga Anda? Silakan berkunjung, ya

Referensi : https://www.bobobobo.com/id/page/men/shoes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *