Penyebab Rasa Gatal-gatal di Area Vagina

Rasa gatal dibagian tangan saja sudah cukup mengganggu, apalagi rasa gatal di bagian intim. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu aktivitas kita, dimana kita akan dibuat merasa tidak nyaman. Gak kebayang kan, apa jadinya jika kita harus menggaruk-garuk bagian vagina yang gatal ditempat-tempat umum. Alhasil, tak jarang kita memaksakan diri untuk menahan rasa gatal-gatal tersebut. Berbicara soal rasa gatal pada kemaluan wanita, hal itu bisa terjadi karena ada penyebabnya. Namun, tak sedikit juga dari kita yang tidak mengetahui akan penyebab dari rasa gatal-gatal di bagian vagina. Nah, bagi kalian yang belum mengetahui penyebab rasa gatal di area vagina, berikut dibawah inilah jawabannya.

  1. Bakteri Vaginosis

Bakteri vaginosis atau yang biasa disingkat dengan nama BV, merupakan salah satu penyebab dari rasa gatal yang kerap muncul di area intim. Ya, BV ini juga adalah hal yang paling umum terjadi dikalangan kaum wanita. Menurut para dokter, Bakteri Vaginosis bisa muncul karena adanya perubahan pada pH vagina sehingga akan terjangkit infeksi jamur. Gejala yang akan ditimbulkan yakni rasa gatal, iritasi, dan mengeluarkan cairan kental berwarna putih. Mengenai cara pengobatannya, tidak ada kata lain lagi selain pergi ke dokter.

  1. Kontak Dermatis

Kontak dermatis atau iritasi pada kulit bisa disebabkan oleh ketidakcocokkan kulit pada produk-produk seperti sabun, pelumas, kondom, dan sebagainya. Selain rasa gatal, gejala lainnya yang akan ditimbulkan yakni ruam belang kemerah-merahan dan berbintik. Apabila anda termasuk salah satu orang yang memiliki kulit sensitif, maka gunakanlah produk-produk yang berbahan hypoallergenic.

  1. Mencukur Rambut Kemaluan

Mencukur bulu atau rambut kemaluan, memang membuat kulit vagina menjadi lebih mulus dan bersih. Akan tetapi, anda harus menerima resiko gatal-gatal yang terjadi pada area miss v. Pasalnya, rambut-rambut yang mulai tumbuh lagi akan menciptakan rasa gatal-gatal. Maka dari itu, anda jangan terlalu sering untuk mencukur rambut kemaluan.

  1. Pembalut

Seperti yang kita ketahui, bahwa pembalut merupakan benda yang memiliki peranan penting saat terjadinya menstruasi. Namun, tak sedikit produk pembalut yang mengandung bahan kimia yang kerap menimbulkan rasa gatal. Mengingat akan hal tersebut, tidak ada salahnya jika anda memakai pembalut organik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *