4 Fungsi Ginjal Yang Harus di Ketahui

Berdasarkan dari hasil penelitian, ginjal merupakan salah satu organ yang masih bagian dari ekskresi didalam tubuh manusia. Ada sepasang ginjal yang terdapat dalam tubuh manusia, dimana masing-masingnya memiliki panjang sekitar 10 cm dengan bobot seberat 200 g. Mengingat ginjal berperan sebagai alat ekskresi, ia akan mengeluarkan sisa-sisa penyaringan darah yang dikeluarkan melalui urine. Nemun untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang fungsi ginjal, mari sama-sama kita simak ulasannya dibawah ini :

  1. Mengontrol Kadar Kalium Pada Darah

Kalium atau yang biasa disebut dengan nama potasium, merupakan mineral yang bertugas untuk membentuk sel-sel dan jaringan organ dalam tubuh, agar fungsinya tetap berjalan dengan semestinya. Apabila kadar kaliumnya diatas normal alias berlebihan, maka akan memicu hiperkalemia sehingga otot pada jantung akan berdetak tidak beraturan. Selain itu, kekurangan kadar kalium juga akan menyebabkan tubuh menjadi kelelahan, kulit kering, otot kaku, dan gerakannya menjadi tidak refleks. Dengan hadirnya ginjal, maka kadar kalium tersebut akan terkontrol agar tetap seimbang.

  1. Mengontrol Volume Cairan Dalam Darah

Selain dapat mengontrol kadar kalium pada darah, ginjal juga berfungsi untuk mengontrol volume cairan dalam darah, sehingga volumenya tidak akan kekurangan dan juga tidak akan berlebihan. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka tubuh kita akan kekeringan karena kurangnya cairan dalam darah. Begitu pun sebaliknya jika volume cairannya berlebihan, maka tubuh kita akan kebanjiran karena cairannya terlalu menumpuk.

  1. Mendaur Ulang Zat

Ginjal akan mendaur ulang kembali semua zat yang masih bermanfaat untuk organ lainnya, yang akan disalurkan menuju aliran darah. Zat-zat yang akan di daur ulang oleh ginjal itu diantaranya adalah garam, air, asam amino, dan glukosa. Ya, semua zat yang masih berguna tersebut akan di reabsorpsi oleh ginjal.

  1. Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Ginjal memiliki peranan utama dalam mengontrol dan menstabilkan kadar gula pada darah. Terkontronya kadar gula dalam darah, maka tubuh kita akan terhindar dari penyakit diabetes. Selain itu, Insulin juga berfungsi sebagai hormon untuk mengurangi kadar gula pada darah, apabila kondisi kadar gulanya berlebihan. Berbeda dengan adrenalin, yang berfungsi untuk meningkatkan kadar gula dalam darah agar tidak kekurangan.

Itulah 4 fungsi dari ginjal yang jarang diketahui orang-orang, dimana kita harus menjaga agar ginjalnya tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *