Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sebelum Diet

bakar kaori secara rutin

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan diet, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui berat badan ideal kamu. Untuk mengetahui berat badan ideal, kamu harus terlebih dahulu bagaimana cara menghitung berat badan ideal. Hal ini penting untuk kamu lakukan, biar kamu bisa memiliki panduan berapa berat badan yang ingin kamu dapatkan selama menjalani proses diet. Jangan sampai terlalu kurus. Sebab terlalu kurus juga tidak baik untuk kesehatan dan tampilan.

Selain penting sebagai patokan dalam melakukan diet, mengetahui berat badan ideal juga penting untuk kesehatan. Sebab dalam dunia kesehatan, berat badan ideal adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan. Berbagai penyakit bisa timbul akibat tidak memiliki berat badan ideal. Beberapa penyakit tersebut misalnya, resiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes dan lainya.

Cara Menghitung Berat Badan

Nah untuk menghitung berat badan ideal sebelum kamu putuskan diet, sebenarnya sangat gampang. Kamu hanya perlu mengikuti rumus di bawah ini.

Berat badan ideal wanita dan pria itu berbeda. Rumus untuk menghitungnya juga berbeda. Berat badan pria di dapat dari: (Tinggi Badan – 100 ) – (tinggi badan – 100) kali 10 persen. Sementara untuk wanita, berat badan ideal di dapatkan dari: (Tinggi Badan – 100 ) – (tinggi badan – 100) kali 15 persen. Untuk mempermudah kamu dalam menghitung, mari kita buat contohnya:

Mawar dan Reza sama-sama memiliki berat tinggi badan 175. Mawar adalah seorang model wanita, sementara Reza adalah pria yang sedang naik daun usahanya. Berapakah berat badan ideal keduanya?

Ingat, bahwa berat badan ideal wanita dan pria itu berbeda. Begitu pula berat badan ideal mawar dan reza yang memiliki tinggi sama. Berat badan ideal keduanya juga berbeda.

Berat Badan Ideal reza sama dengan (170 – 100) – (170 – 100) kali 10%, sama dengan 70 – (70) 10% atau 70 – 7, jadi berat badan ideal Reza sama dengan 63 kg. Sementara berat badan ideal bunga sesuai dengan rumus cara menghitung berat badan ideal di atas adalah (170 – 100) – (170 – 100) 15%, atau 70 – 10,5 sama dengan 59.5

Sumber : www.dokterbabe.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *