Apakah Anda Sedang Sariawan? Cobalah Atasi Dengan 3 Cara Alami Ini

cara mengobati sariawan di lidah dokterbabe

Bisa dipastikan bahwa semua orang di dunia ini pernah mengalami apa yang namanya sariawan. Ya, sariawan ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Biasanya sariawan akan menyerang area sekitar mulut seperti bibir bagian luar, bibir bagian dalam, rongga mulut bagian atas, gusi, dan sariawan di lidah. Muculnya sariawan juga akan ditandai dengan bercak atau jendolan seperti jerawat, yang berwarna putih kekuning-kuningan.

Meski bukan termasuk jenis penyakit yang berbahaya, namun kehadiran sariawan ini akan membuat kita tidak nyaman terlebih saat hendak makan. Adapun mengenai beberapa penyebabnya seperti daya tahan tubuh yang lemah, kekurangan vitamin C, sering memakan makanan pedas serta panas, dan kurang memperhatikan kebersihan mulut. Lantas, bagaimana cara mengobati sariawan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut di bawah ini ada 3 cara alami yang dapat mengobati sariawan secara efektif :

  1. Obati Dengan Buah Pisang dan Madu

Cara alami pertama yang harus anda coba untuk mengobati sariawan, yakni dengan menggunakan buah pisang dan madu. Ya, keuda bahan ini memang merupakan kolaborasi yang akan menghasilkan vitamin C, yang berfungsi untuk mengobati sariawan. Siapkan beberapa buah pisang yang telah dikupas kulitnya, kemudian lumatkan sampai halus. Campurkan dengan 1 sendok makan madu murni lalu aduk agar tercampur rata. Olesklan pada mulut yang ada sariawannya, dan tunggu beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

  1. Obati Dengan Baking Soda

Cara alami kedua yang harus anda coba untuk mengobati sariawan, yakni dengan menggunakan baking soda. Mengenai cara membuat ramuannya, siapkan 1 sendok teh baking soda lalu campurkan dengan sedikit air. Aduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta, lalu aplikasikan pada mulut yang terdapat sariawannya. Tunggu kurang lebih sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

  1. Mengonsumsi Buah Yang Kaya Akan Vitamin C

Cara lami terakhir yang harus anda coba untuk mengobati sariawan, yakni dengan mengonsums buah yang kaya akan vitamin C. Ya, jenis buah-buahan tersebut diantaranya adalah buah jeruk, buah sirsak, buah lemon, buah semangka, buah bengkoang, dan buah apel.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 3 cara alami yang dapat mengobati sariawan secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *