Beberapa Makanan Sehat Untuk Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil

makanan-sehat-ibu-hamil-dokterbabe.jpg

Di masa kehamilan trimester pertama rasa mual dan menurunya selera makan memang kerap terjadi dan itu akan sangat menganggu. Tetapi ibu hamil ini harus tetap mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah buahan, sayuran, dan juga susu untuk ibu hamil. Hal ini harus dilakukan karena ibu dan si kecil akan membutuhkan nutrisi yang lengkap didalam setiap harinya. Lalu makanan sehat ibu hamil trimester pertama ini apa saja?

Berikut beberapa makanan sehat untuk ibu hamil di trimester pertama agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi diantarnya yaitu :

  1. Kacang Kacangan

Di trimester pertama ini ibu hamil membutuhkan protein seberat 60 gram per harinya. Untuk memenuhi kebutuhan protein itu maka ibu sebaiknya mengkonsumsi kacang kacangan yang mengandung protein yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Kacang dengan kulit yang berwarna cokelat baik untuk dikonumsi karena mengandung serat yang tinggi dan juga dapat mengurangi sembelit.

  1. Bayam

Ibu yang sedang hamil nutrisi kebutuhan tubuhnya itu perlu dijaga dan bahkan sebelum masa kehamilan. Ketika ibu dinyatakan hamil maka ibu perlu asam folat yang sangat penting didalam pembentukan tabung saraf bayi. Kebutuhan asam folat dapat diperoleh dari bayam, dan sayuran ini juga dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir.

  1. Brokoli

Kandungan zat besi didalam brokoli sangat penting untuk asupan gizi bagi ibu hamil. Zat besi ini nantinya akan berperan didalam pembentukan sel darah merah pada bayi. Ibu hamil juga akan tercegah dari terkena anemia jika kebutuhan zat besi didalam tubuhnya terpenuhi. Sehingga nantinya ibu tidak akan merasa lemas, cepat lelah, dan juga tidak akan mudah marah.

  1. Jeruk

Untuk makanan sehari hari, jeruk merupakan buah yang paling pas untuk ibu hamil di awal masa kehamilannya. karena jeruk ini mengandung asam folat dan juga vitamin C yang cukup tinggi. Asam folat ini akan dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat. Jeruk ini bisa ibu makan secara langsung atau juga dengan dibuat jus.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil di trimester pertama agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Di masa kehamilan trimester pertama ini, ibu memang cenderung tidak akan berselera untuk makan. Tetapi ibu harus tetap memaksakan untuk mengkonsumsi keempat makanan sehat untuk ibu hamil diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *