Ini Dia Beberapa Cara Alami Didalam Mengatasi Sakit Tenggorokan

Teh jahe sebagi pilihan makanan untuk radang tenggorokan dokterbabe

Pertanda awal dari akan terjadinya flu dan pilek adalah sakit tenggorokan. Efek samping dari sakit di tenggorokan ini adalah pita suara yang menegang atau sebuah indikasi dari sesuatu yang akan terjadi dengan lebih serius seperti radang tenggorokan. Sakit di tenggorokan ini akan sangat menganggu apapun alasan penyebabnya. Didalam menyembuhkan sakit di tenggorokan ini mungkin kita akan sangat tergoda untuk segera mengunjungi dokter untuk menyembuhkannya. Padahal ada cara alami didalam mengatasi sakit tenggorokan ini.

Berikut beberapa cara alami didalam mengatasi sakit tenggorokan diantaranya yaitu :

  1. Berkumur Dengan Menggunakan Air Garam

1 sendok teh garam meja dicampur dengan secangkir air yang hangat lalu aduk sampai garam larut didalam air. Setelah itu larutan air garam tadi digunakan sebagai obat kumur selama beberapa detik lalu keluarkan dan ulangi mengumur air garam ini beberapa kali didalam satu hari.

  1. Dengan Memenuhi Cairan Tubuh

Sakit tenggorokan akan bisa diatasi dengan cara menjaga asupan cairan tubuh, karena ketika kita kekurangan cairan maka tubuh tidak akan dapat menghasilkan air liur dan lendir yang cukup sehingga tidak akan dapat menjaga kelembaban tenggorokan. Sehingga agar selaput lendir tetap lembab maka harus banyak mengkonsumsi cairan dengan jumlah yang banyak.

  1. Dengan Menggunakan Air Perasan Lemon

Jus lemon ini dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan karena mengandung astringent. Sehingga nantinya akan dapat menciptakan lingkungan asam yang akan dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi. 1 sendok teh jus lemon dicampur dengan air hangat lalu gunakan sebagai obat kumur selama beberapa detik.

  1. Berkumur Dengan Menggunakan Cuka Apel Dan Garam

1 sendok makan cuka sari apel dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan didalam segelas air hangat. Lalu gunakan campuran ini sebagai obat kumur dan lakukan beberapa kali didalam satu hari. Untuk perawatan yang lebih ringan maka campurkan masing masingnya sebanyak seperempat cangkir cuka apel dan madu kemudian sebagai obat kumur.

Itulah beberapa cara alami didalam mengatasi sakit tenggorokan. Selain itu masih ada cara yang lainnya seperti mandi air hangat, berkumur dengan air kunyit, peremen pelega tenggorokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *