Dengan 4 Bahan Alami Ini, Maka Sariawanmu Akan Sembuh Secara Total

sering menggosok gigi

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah penyakit yang bernama sariawan. Ya, sariawan atau yang istilah medisnya adalah stomatitis, merupakan sebuah peradangan yang terjadi di area sekitar mulut. Kemunculan sariawan ini bisa kita lihat dari adanya benjolan yang berwarna putih kekuning-kuningan. Selain itu, ia juga kerap menyerang area sekitar mulut seperti lidah, gusi, rongga mulut, langit-langit, selaput lendir, bibir bagian luar, dan bibir bagian dalam.

Meski bukanlah termasuk kedalam jenis penyakit yang mematikan, namun kehadiran sariawan ini cukup mengganggu aktivitas kita, terutama saat kita hendak makan. Apabila sariawannya tersentuh, maka akan muncul rasa perih yang cukup menyiksa. Lantas, apa yang menjadi penyebab timbulnya sariawan? Penyebab sariawan itu bisa jadi dikarenakan beberapa faktor seperti kekurangan vitamin C, tidak rajin memelihara kebersihan mulut, sering mengonsumsi makanan-minuman panas, dan sebagainya. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena 4 bahan alami di bawah ini dapat mengobati sariawanmu secara total :

  1. Baking Soda & Garam

Bahan alami pertama yang dapat menyembuhkan sariawanmu secara total, yakni dengan menggunakan baking soda & garam. Mengenai cara penggunaannya, siapkan 1 sendok makan baking soda dan garam, lalu campurkan dengan sedikit air. Aduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta, kemudian aplikasikan tepat ke bagian sariawannya.

  1. Menggunakan Yoghurt

Siapa sih di antara kita yang tidak kenal dengan camilan yang terbuat dari fermentasi susu ini? Disamping rasanya yang lezat dan menyegarkan, yoghurt ini kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mengatasi masalah sariawan secara efektif. Cukup dengan mengonsumsinya, maka sariawanmu akan berangsur-angsur sembuh.

  1. Bawang Putih

Tak banyak orang yang tahu, bahwa bawang putih ini sangat ampuh dalam mengobati sariawan di mulut. Berdasarkan dari hasil penelitian, bawang putih itu bersifat antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab timbulnya sariawan. Siapkan 1 butir bawang putih, lalu potong jadi 2 bagian. Gosokkan bawang putih tersebut ke bagian sariwannya secara perlahan.

  1. Mengonsumsi Buah Jeruk

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa salah satu faktor penyebab timbulnya sariawan adalah kekurangan vitamin C. Mengingat buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C, maka tak heran jika buah yang satu ini dapat mengobati sariawanmu.

Itulah 4 bahan alami yang dapat menyembuhkan sariawan secara total. Akhir kata cukup sekian, semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *