Ini Dia Beberapa Manfaat Melakukan Ibadah Puasa Di Bulan Ramadhan

manfaat puasa bagi kesehatan

Bulan suci Ramadhan dalam hitungan beberapa hari lagi akan segera datang dan pastinya kita umat muslim akan menyambutnya dengan gembira. Di bulan Ramadhan ini kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sesuai dengan syariat islam. Selain puasa ini merupakan kewajiban tetapi manfaat puasa bagi kesehatan tubuh seseorang yang menjalankannya juga banyak. Hal ini dikarenakan kegiatan berpuasa itu dikaitkan dengan akan terjadinya proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh manusia. Terlebih jika kita melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

Berikut beberapa manfaat melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan diantaranya yaitu :

  1. Dapat Mengurangi Kebiasaan Buruk

Dengan melakukan puasa maka ini merupakan salah satu cara yang baik didalam upaya mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan juga pola makan yang buruk. Misalnya saja ketika melakukan puasa ini maka kita akan dapat mengurangi dari kebiasaan merokok dan dari mengkonsumsi makanan yang manis.

  1. Dapat Mengontrol Berat Badan

Berat badan akan lebih mudah turunnya jika melakukan puasa. Sehingga sebagai upaya untuk menurunkan berat badan maka kita tidak perlu melakukan diet yang berlebihan. Karena ketika melakukan puasa kita akan makan dengan makanan yang secukupnya dan akan tetap mengkonsumsi makanan yang sehat.

  1. Dapat Menyehatkan Ginjal

Fungsi ginjal didalam tubuh kita itu adalah untuk menyaring zat yang berbahaya dari makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita. Jika kekuatan osmosis urin didalam tubuh mencapai 1000 hingga 12.000 ml osmosis/kg air maka fungsi ginjal ini akan maksimal. Pada saat menjalankan ibadah puasa maka asupan air kedalam tubuh akan berkurang, sehingga target kekuatan osmosis urin akan tercapai. Yang pada akhirnya hal ini akan berdampak positif untuk kesehatan ginjal.

  1. Dapat Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Racun yang menumpuk didalam tubuh akan dapat dikeluarkan dengan melakukan puasa atau hal ini yang dinamakan detoksifikasi. Akan terjadinya pengeluaran racun didalam sistem pencernaan dalam satu bulan selama berpuasa Ramadhan. Racun yang berbahaya didalam tubuh ini akan dibakar oleh cadangan lemak.

Itulah beberapa manfaat melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan. Dengan melakukan puasa selama satu bulan di bulan Ramadhan maka akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tetapi selain itu melakukan puasa senin dan kamis juga akan dapat memberikan manfaat yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *