Yakin Ambil Cicilan HP HDC? Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini

Biasanya, pas ambil cicilan hp, orang cenderung pilih hp baru atau hp bekas. Gimana kalo niat ambil cicilan hp HDC?

Sebagai hp replika yang niru desain smartphone premium kayak Samsung Galaxy S Series dan iPhone, hp HDC dijual dengan harga cukup murah mulai kisaran Rp 1 juta sampe Rp 3 jutaan.

Sebelum yakin pilih hp HDC, ada baiknya kamu pertimbangkan dulu 5 hal penting ini agar nggak menyesal nantinya.

Untuk apa beli HP HDC?

Hampir semua hp HDC yang beredar di pasaran adalah hp replika dari smartphone premium brand ternama. Kamu bakal dengan mudah nemuin HDC iPhone X, HDC iPhone 8, atau Samsung Galaxy S9, di beberapa merchant online dengan kisaran harga Rp 2 jutaan sampe Rp 3 jutaan.

Jangan sampe kamu ambil cicilan hp HDC hanya untuk terlihat “wah” atau gaya-gayaan. Meski secara fisik hp HDC mirip banget sama smartphone premium asli yang ditirunya, tetep aja, spesifikasi, fungsi, fitur, dan teknologi nggak bisa dibohongi.

Apa artinya desain mirip kalo ternyata fungsinya jauh di bawah ekspektasi atau bahkan nggak jelas materialnya, kan? Perlu diingat juga meski murah, tetap ada biaya yang kamu keluarkan untuk angsuran cicilan hp HDC. Jadi, jangan buang-buang uangmu untuk beli barang yang fungsinya nggak sebanding dengan harganya.

Banyak hp asli dengan harga sama

Dengan rentang kisaran harga Rp 1 juta sampe Rp 3 juta, kamu udah bisa dapet hp Xiaomi kelas entry level atau kelas menengah asli yang murah dengan kualitas terbaik, kayak Redmi 5A, Redmi 5, atau Redmi Note 5.

Meski bukan smartphone berbodi “premium” layaknya hp HDC, tapi, desain hp entry level dan menengah sekarang ini juga udah nggak kalah dengan hp premium atau flagship. Kamu cari yang full screen tapi murah? Redmi 5 Plus adalah salah satu hp layar full screen termurah dengan harga Rp 2 jutaan aja. Selain asli, juga minim risiko. Semua material hardware dan teknologi yang disematkan pasti jelas pabrikannya.

Daripada HDC, pertimbangkan juga hp bekas

Salah satu e-commerce kredibel yang fokus dalam penjualan hp bekas kayak Laku6, juga nyediain fasilitas cicilan hp bekas mulai dari hp entry level sampai flagship. Kalo kamu beruntung dan pintar cari-cari, kamu kemungkinan bisa dapat smartphone flagship iPhone atau Samsung bekas yang harganya Rp 5 jutaan. Cuma beda Rp 2 juta dari kisaran harga hp HDC, tapi kamu udah bisa bawa pulang hp flagship asli.

Ditambah lagi, situs Laku6 udah kerja sama dengan Kredivo dalam hal nyediain fasilitas cicilan hp tanpa dp dan tanpa kartu kredit. Artinya, kamu punya pilihan tenor cicilan yang beragam kalo kredit hp bekas di Laku6. Pilihan tenor ini adalah 3/6/12 bulan dengan suku bunga tetap dan paling rendah dibanding perusahaan multifinansial sejenis, cuma 2,95% per bulan. Kamu juga nggak perlu bayar dp, biaya tahunan, atau pun biaya admin. Jadi, angsuran per bulannya lebih ringan.

Nggak cuma Laku6, Kredivo juga udah bermitra dengan lebih dari 200 merchant online dan offline dalam memberikan fasilitas cicilan, contohnya Bukalapak, Lazada, Tokopedia, JD.id, Bhinneka, Blibli, dan masih banyak lagi. Kalo nggak nemu hp flagship bekas dengan bujet minim di Laku6, kamu bisa cari di beberapa merchant online lainnya yang udah jadi rekanan Kredivo.

Bunga cicilan tetap

Kalo kamu ambil cicilan hp HDC via Kredivo, suku bunganya tetap, 2,95% per bulan dengan pilihan tenor 3, 6, atau 12 bulan. Suku bunga dan pilihan tenor cicilan ini berlaku untuk semua barang dan gadget, termasuk hp baru, hp bekas, atau hp HDC, selama harganya minimum Rp 1,5 juta. Semuanya juga sama-sama tanpa dp, biaya admin, ataupun biaya tahunan.

Dengan suku bunga tetap dan sama untuk hp bekas, hp baru atau hp HDC, maka lebih baik kamu pertimbangkan untuk ambil hp baru asli atau hp bekas, karena lebih menguntungkan. Yang paling penting adalah minim risiko dan kamu masih bisa jual kembali nantinya. Sementara hp HDC, kemungkinan besar bakal sulit untuk dijual lagi.

Bagi kamu yang udah berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, atau Medan, kamu udah bisa daftar akun untuk ambil cicilan hp lewat aplikasi Kredivo. Download aplikasinya di Google Play Store atau App Store, terus ikutin instruksi pendaftarannya. Selengkapnya, kamu bisa cek situs resmi Kredivo di sini.

Tenor berjalan tapi nggak ada garansi

Jangan berharap adanya garansi resmi atau garansi distributor kalo kamu beli hp HDC. Satu-satunya garansi yang dikasih penjual atau vendor hp HDC adalah garansi tukar kalo ternyata hp HDC yang kamu beli nggak berfungsi dengan baik. Dan nggak semua vendor atau penjual hp HDC ngasih garansi sejenis ini.

Kalo kamu berencana ambil cicilan hp HDC, maka kamu harus pertimbangkan juga jika sewaktu-waktu hp rusak sebelum masa tenor cicilan habis. Nggak cuma perlu keluar biaya pribadi untuk servis, kamu juga perlu usaha ekstra supaya hp HDCmu bisa diservis. Sebab, spesifikasi yang ada pada hp HDC biasanya nggak punya pabrikan yang jelas kayak hp asli dari vendor resmi. Akibatnya, nggak jarang beberapa tempat atau ahli servis kurang bisa menangani hp HDC apabila rusak karena belum ada pattern atau petunjuk perihal perbaikan atau penggantian spare part.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *