Ini Dia Beberapa Cara Memandikan Anak Kucing Yang Efektif Dan Mudah

Memiliki anak kucing yang aktif dan senang bermain pastinya akan sangat lucu dan menggemaskan. Tetapi pernahkah terpikirkan jika setelah bermain badan kucing bagian bulunya itu akan akan dipenuhi dengan debu dan sedikit lumpur.  Bila kondisi ini yang terjadi pada anak kucing maka ini adalah waktu yang tepat untuk memandikannya. Tetapi untuk memandikan anak kucing ini bukanlah hal yang mudah, pasalnya anak kucing ini sangat benci sekali dengan air. Sehingga pada saat anak kucing dimandikan maka anak kucing ini tidak akan tinggal diam. Pada saat dimandikan, anak kucing ini pastinya akan memberontak dengan sengit dan bahkan mungkin akan mencoba untuk kabur.

Tetapi tidak perlu khawatir karena adanya banyak cara yang efektif dan mudah untuk memandikan anak kucing ini. Berikut beberapa cara membersihkan anak kucing yang efektif dan mudah diantaranya yaitu :

  • Dengan Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk Memandikannya

Mengetahui waktu yang tepat untuk memandikan anak kucing adalah sangat penting, dalam hal ini adalah usia dari si anak kucing. Waktu yang tepat untuk memandikan anak kucing ini adalah ketika anak kucing itu telah berusia 8 minggu. Sedangkan untuk anak kucing yang usianya dibawah itu maka cukup dengan menggunakan handuk basah atau lembab.

  • Dengan Memotong Kukunya Terlebih Dahulu

Pada saat anak kucing akan dimandikan maka kemungkinannya anak kucing ini akan mencakar. Sehingga untuk menghindari cakaran anak kucing dan menimbulkan luka maka sebaiknya kuku anak kucing dipotong terlebih dahulu. Pemotongan kuku ini sebaiknya dilakukan sehari atau beberapa jam sebelum anak kucing dimandikan.

  • Dengan Menyisir Bulu Bulunya

Kegiatan menyisir bulu bulu pada anak kucing akan menjadi hiburan tersendiri bagi sebagian anak kucing. Tetapi bagi sebagian anak kucing yang lainnya, kegiatan ini akan menjadi sesuatu yang sangat menganggu. Bagi anak kucing yang merasa terganggu dengan keadaan ini maka harus tetap bersikap tenang dan memberikan waktu kepada anak kucing agar sedikit tenang.

  • Dengan Menggunakan Pelindung

Untuk menghindari terkena cakaran pada saat memandikan anak kucing maka selain dengan memotong kukunya, tetapi juga dengan menggunakan pakaian lengan panjang dari bahan yang sulit ditembus oleh cakaran kuku anak kucing.

Itulah beberapa perawatan anak kucing yang efektif dan mudah. Selain itu masih ada cara yang lainnya seperti menyiapkan shampoo khusus, tidak memberikan shampoo untuk hewan lain, mempersiapkan peralatan mandi, dan membuat suasana mandi yang nyaman bagi anak kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *