3 Manfaat Dari Senam Kehamilan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pergerakkan wanita hamil itu tidak akan seleluasa ketika mereka belum hamil. Itu sebabnya, mengapa kita dianjurkan untuk memperbanyak waktu istirahatnya. Namun perlu diingat, bahwa hal itu juga bukan menjadi alasan bagi kita untuk bermalas-malasan. Dengan kata lain, para wanita hamil masih bisa melakukan kegiatan-kegiatan ringan.

Menurut para pakar kehamilan, pergerakan wanita hamil selama masa kehamilan juga dapat berpengaruh pada proses persalinannya nanti lho. Ya, kita dianjurkan untuk melakukan kegiatan olahraga-olahraga ringan selama masa kehamilan seperti berenang, yoga, aerobic, jogging, jalan santai, hingga senam hamil. Terutama untuk senam kehamilan, yang tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi ibu hamil maupun kondisi janinnya. Senam kehamilan itu sendiri terbagi kedalam beberapa jenis, dan salah satu yang paling populernya adalah senam kegel. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang macam-macam senam hamil beserta manfaatnya, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Senam Jongkok

Senam jongkok merupakan salah satu jenis senam kehamilan, yang diberlakukan mulai dari trimester kehamilan pertama dan ketiga. Senam jongkok ini bertujuan untuk meperkuat otot di sekitar panggul dan paha, yang berguna agar proses persalinannya lancar. Lantas, bagaimana cara melakukan senam jongkok tersebut? Mengenai caranya : mulailah dengan memposisikan tubuh berdiri tegak, kemudian turunkan badan secara perlahan hingga posisi tegak dengan punggung tegak lurus.

Setelah itu, bernafaslah seperti biasa dan tahan dalam posisi ini kurang lebih sekitar 10 detik, dan kembalikan lagi ke posisi berdiri seperti awal tadi. Agar mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi, lakukan senam jongkok secara rutin dan semampunya. Dengan kata lain, jangan memaksakan diri apabila memang sudah merasa kecapean.

  1. Senam Kegel

Seperti yang sudah di sebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa senam kegel merupakan yang paling populer di kalangan para ibu hamil. Terang saja senam kegel ini sangat populer, dikarenakan cara mempraktekkannya yang sangat mudah, serta dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Senam kegel ini sendiri bermanfaat untuk melatih otot di area sekitar kandung kemih, rektum, uretra, hingga rahim. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, senam kegel ini dapat mencegah penyakit ambien serta dapat mengencangkan vagina lho.

Mengenai cara mempraktekkannya : kontraksikan otot sekitar saluran kencing dan vagina dengan gerakan seperti menahan kencing, kemudian tahan kurang lebih selama 5 – 10 detik. Menurut para pakar kehamilan, senam kegel ini sebaiknya dilakukan sebanyak 10 kali dalam sehari.

  1. Yoga kupu-kupu / Pose Tailor

Jenis senam hamil berikutnya yang dianjurkan bagi para wanita hamil, yakni bernama yoga kupu-kupu atau yang biasa disebut dengan nama pose tailor. Yoga kupu-kupu ini bermanfaat untuk melatih otot paha, serta dapat mengurangi resiko dari sakit punggung yang dialami oleh ibu hamil. Berikut cara mempraktekkan pose tailor / yoga kupu-kupu : silahkan duduk bersila dengan posisi punggung yang tegak, kemudian pertemukan kedua telapak kaki anda di depan, lalu dorong bagian lututnya hingga dapat menyentuh lantai. Tahan dalam posisi ini selama 10 – 20 detik, kemudian posisikan lagi tubuh bunda seperti semula. Lakukan cara ini secara berulang dan semampunya.

Itulah beberapa jenis senam hamil yang dianjurkan bagi para ibu hamil. Di samping itu, bunda juga jangan sampai lupa untuk memenuhi asupan nutrisi selama masa kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *