Cara Mengobati Sakit Kepala Bagian Belakang Secara Alami

sakit kepala belakang karena tegang

Rasa sakit yang menyerang bagian kepala memang akan menghambat rutinitas kita. Sakit kepala ini biasanya akan menyerang kepala bagian depan, belakang, samping kanan, samping kiri, hingga keseluruhan. Tentu saja kondisi sakit kepala tersebut tidak boleh dibiarkan, dan harus segera diatasi agar kita bisa kembali lagi menjalankan aktifitas dengan normal. Seperti yang dilansir dari berita seputar tips kesehatan, ada beberapa cara alami yang ampuh untuk mengobati sakit kepala bagian belakang lho. Cara alami seperti apa sajakah itu? Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Lakukan Peregangan

Peregangan ini dipercaya bisa mengurangi otot tegang yang merupakan penyebab sakit kepala. Adapun caranya adalah : Gerakan leher (dagu ke depan, keatas, dan kesamping kiri dan kanan), gerakan bahu (gerakan bahu keatas, putar bahu ke depan dan belakang), dan leher isometrik (tangan menekan pada setiap sisi kepala). Anda bisa melakukan peregangan ini selama 20 menit per sesi. Tahan peregangan selama 5 detik, lakukan secara relaks selama 5 detik, dan ulangi setiap peregangan sebanyak 3-5 kali.

  1. Teknik Akupunktur

Cara ini adalah suatu metode dengan menggunakan alat jarum tipis yang dimasukkan ke bawah lapisan kulit untuk menyetel kembali aliran energi, atau qi di dalam tubuh. Walaupun cara ini merupakan metode kuno dalam dunia kesehatan, akupunktur ini dipercaya bisa membantu mencegah migren akut dengan efek samping yang lebih sedikit, selain itu akupunktur bisa membantu untuk mengobati sakit kepala kronis.

  1. Biofedback

Cara ini adalah suatu metode dengan menggunakan sensor elektronik guna memonitor fungsi tubuh seperti masalah ketegangan pada otot, detak jantung, suhu kulit, dan tekanan darah. Para ahli mengklaim, dengan cara biofeddback ini sangat efektif untuk mengatasi migrain serta ketegangan di bagian kepala. Dan cara biofedback ini bisa lebih hemat biaya diabndingkan dengan pemberian resep obat.

  1. Meminum Kopi Hitam

Cara alami terakhir yang ampuh untuk mengobati sakit kepala di bagian belakang, yakni dengan meminum kopi hitam. Ya, hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi hitam, yang dapat membuat sel-sel otot yang menegang menjadi lebih rileks.

Nah, itulah beberapa cara alami yang ampuh untuk menghilangkan sakit kepala di bagian belakang, dan selamat mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *