Ini Dia Beberapa Jenis Penyakit Yang Kerap Muncul Saat Musim Penghujan

Penularan Flu dan Perawatannya untuk Si Kecil

Menurut informasi yang di dapat, curah hujan yang tinggi itu akibat dari anomali cuaca yang dapat menyebabkan banyak lokasi rawan banjir. Selain itu, perubahan suhu udara yang terjadi begitu cepat juga akan membuat ketahanan tubuh kita menjadi menurun. Masalah tersebut juga semakin diperparah dengan menumpuknya sampah-sampah, yang tentunya akan mengundang berbagai jenis-jenis penyakit yang dapat mengancam kondisi kesehatan kita. Lantas, jenis penyakit seperti apa sajakah yang kerap muncul saat musim penghujan tiba? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang jenis penyakit yang dimaksud tadi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Cikungunya

Jenis penyakit pertama yang kerap muncul saat musim penghujan tiba, yakni bernama cikungunya. Sesuai dengan namanya, jenis penyakit yang satu ini disebabkan karena serangan virus cikungunya, yang ditularkan kepada manusia melalui nyamuk aedes aegypti. Adapun mengenai beberapa gejala yang akan dirasakan oleh para penderitanya mulai dari demam mendadak, linu di bagian otot – sendi (lutut, tulang belakang pergelangan tangan – kaki, jari kaki dan tangan), serta bintik-bintik di kulit. Ada juga beberapa gejala lainnya seperti sakit kepala, menggigil, selaput mata yang memerah, pembesaran pada bagian kelenjar getah bening leher, mual-mual, muntah, yang disertai dengan gatal-gatal dan ruam.

  1. Salesma dan Influenza

Salesma dan inluenza juga merupakan salah satu jenis penyakit yang selalu hadir disaat musim hujan tiba. Biasanya, jenis penyakit yang satu ini sering kita sebut dengan nama flu. Meskipun gejala yang ditimbulkannya sama, namun penyakit ini disebabkan oleh virus yang berbeda-beda lho. Menurut para medis, penyakit salesma disebabkan oleh serangan virus rhinovirus, sedangkan penyakit flu alias influenza disebabkan oleh serangan virus tipe A, B, dan C.

Seperti yang dilansir dari berita seputar tips kesehatan, ada beberapa cara mengatasi flu alami yang ampuh. Ya, cara alami tersebut diantaranya adalah memperbanyak minum air putih atau air putih hangat, meminum air jahe, mengonsumsi air lemon hangat, dan mengonsumsi air jeruk nipis hangat.

  1. Demam Berdarah

Ini dia salah satu jenis penyakit yang paling menakutkan di saat musim penghujan tiba. Bagaimana tidak menakutkan! soalnya penyakit demam berdarah ini bisa menyebabkan kematian, apabila tidak segera di tangani dokter. Saat musim penghujan tiba, biasanya perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti lebih cepat. Ya, hal ini juga tidak terlepas dari sampah-sampah yang menumpuk, terutama untuk sampah-sampah seperti kaleng dan botol yang tergenang air, sehingga menjadi tempat sangat mendukung untuk berkembang biaknya nyamuk tersebut. Semakin meningkatnya populasi nyamuk aedes aegypti, tentu saja semakin rawan juga resiko terkena penyakit demam berdarahnya.

Melihat akan bahaya tersebut, pemerintahan pun selalu gencar dalam mensosialisasikan gerakan 3 M kepada masyarakat, yakni mengubur kaleng bekas, menguras tempat penampungan air, dan menutup rapat-rapat tempat penyimpanan air.

  1. ISPA

Jenis penyakit berikutnya yang kerap muncul saat musim penghujan tiba, yakni bernama ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Gejala yang akan dirasakan oleh para penderitanya seperti batuk, demam, sesak nafas, nyeri dibagian dada, dan lain sebagainya. Penyakit ini pun dapat menular dengan mudah melalui pernafasan. Maka dari itu, para penderitanya dihimbau untuk menutup mulut saat bersin atau pun batuk.

Itulah beberapa jenis penyakit yang kerap muncul saat musim penghujan tiba. Perlu diingat, anda juga jangan sampai lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh selama musim penghujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *