Kelebihan dan Kelemahan Kerja Lembur

Kerja lembur adalah bekerja di luar jam kerja yang seharusnya. Standarnya sebuah perusahaan itu memperkerjakan karyawannya itu selama 8 jam dalam setiap harinya. Atau terkadang ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan jam kerjanya itu lebih dari 8 jam. Umumnya juga seorang karyawan itu harus bekerja 6 hari dalam seminggunya. Atau juga ada beberapa karyawan yang bekerja nya itu hanya 5 hari dalam seminggu.

Ketika seorang pekerja harus bekerja lembur maka seseorang ini harus bekerja lebih dari 8 jam. Atau seseorang ini yang ketika hari minggu itu harusnya libur, tapi karena adanya kerja lembur sehingga mengharuskan seseorang ini masuk kerja. Ketika seseorang melakukan kerja lembur tentunya ada kelebihan dan kelemahan untuk seseorang itu diantaranya adalah :

  1. Kelebihan

Di saat seorang pegawai melakukan kerja lembur maka tentunya seseorang ini akan mendapatkan uang lebih dari penghasilan yang biasa diterimanya dalam setiap bulannya. Ketika seseorang ini mempunyai uang lebih dari penghasilannya sehingga seseorang ini mungkin bisa menyisihkannya untuk ditabung. Atau juga ketika seseorang ini mempunyai uang lebih mungkin akan bisa melakukan sebuah rekreasi bersama keluarganya. Atau juga dari uang lembur ini seseorang ini bisa segera melunasi hutangnya.

  1. Kelemahan

Ketika seseorang harus bekerja lebih di luar jam kerja yang biasanya maka tentunya akan sangat menyita waktu dan tenaganya. Waktu untuk beristirahat seseorang ini akan berkurang atau lebig sedikit dari yang biasanya. Misalnya ketika jam 5 sore tiba yang seharusnya seseorang ini sudah selesai bekerja dan bisa pulang. Tapi ketika seseorang ini harus kerja lembur maka ketika jam 5 ini harus tetap bertahan bekerja. Ketika lembur ini juga waktu libur yang seharusnya dipergunakan untuk beristirahat, tapi karena bekerja lembur sehingga tidak ada waktu untuk beristirahat. Sehingga tenaga juga akan terkuras habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *