Ini Dia Beberapa Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang hijau merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi. Kacang hijau ini bisa diolah menjadi berbagi macam makanan yang lezat dan bergizi seperti bubur kacang ijo, es kacang hijau, puding, atau yang lainnya. Kacang hijau dibalik kesederhanannya ternyata menyimpan sejuta manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu :

  1. Dapat Mencegah Kanker

Adanya senyawa didalam kacang hijau yang akan mampu memerangi infeksi virus kanker. Oleh karena itu kacang hijau ini bagi perempuan sangat baik sehingga akan membantu terhindar dari penyakit kanker payudara. Kacang hijau juga mengandung klorofil yang akan mampu memusnahkan efek karsiogenik yang merupakan salah satu pemicu terjadinya kanker.

  1. Dapat Mengobati Anemia

Mengkonsumsi kacang hijau dalam jumlah yang banyak sangat penting terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit anemia. Zat besi yang sangat tinggi didalam kacang kacangan ini dapat membantu didalam mengobati anemia atau kekurangan darah.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Jika kamu ingin melakukan program diet maka bisa dengan mengkonsumsi kacang hijau. Pasalnya kandungan serat yang ada didalam kacang hijau sangat tinggi dan lemaknya rendah. Pada saat melakukan diet maka kacang hijau ini dapat menjadi cemilan yang sehat. Kandungan seratnya akan membuat perut merasa kenyang lebih lama dengan sedikit kalori. Pencernaan juga akan sehat dan lancar dengan mengkonsumsi kacang hijau.

  1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Orang orang dengan kolesterol yang tinggi sangat baik mengkonsumsi kacang hijau, karena kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kacang hijau. Sangat rendah kandungan kalorinya dengan lemak yang jenuh. Sehingga akan sangat menguntungkan jika kacang hijau ini dikonsumsi sesering mungkin.

  1. Dapat Mengatasi Diabetes

Sangat rendahnya indeks glikemik pada kacang hijau sehingga para penderita diabetes sangat baik untuk mengkonsumsinya. Dengan rendahnya kadar indeks glikemik maka akan mampu membuat ikut turunnya kadar gula didalam darah. Kacang hijau mempunyai kemampuan untuk mengatur gejala diabetes pada pasien ataupun penderita.

  1. Dapat Mengurangi Keluhan Pasca Menopause

Adanya senyawa isoflavon yang bersifat estrogenic ilmiah didalam kacang hijau akan mampu mengurangi keluhan pasca menopause. Wanita yang sedang mengalami masa transisi menopause jika mengkonsumsi kacang hijau maka akan dapat mencegah terjadinya osteoporosis yang zatnya juga akan mampu merangsang terjadinya pembentukan tulang.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Organ tubuh yang sangat vital adalah jantung, oleh karena itu jantung ini harus dijaga dengan pola hidup yang sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Kacang hijau mengandung serat yang akan mampu menyerap lemak dan dapat mencegah plak didalam pembuluh darah. Plak inilah yang nantinya akan memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Kandungan flavonoid yang ada didalam kacang hijau merupakan antioksidan polifenol yang memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah pada bagian ateri dan vena.

  1. Dapat Menguatkan Tulang

Kacang hijau dapat menguatkan tulang karena mengandung kalsium, fosfor, dan juga mineral yang akan mampu merangsang pertumbuhan tulang dan gigi pada anak dan akan mencegah orang dewasa terkena osteoporosis. Selain itu ada kandungan vitamin K dan A didalam kacang hijau.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh. Untuk bisa mendapatkan manfaat lebih dari kacang hijau, maka sekarang  kacang hijau hadir didalam sebuah minuman yang menyegarkan dan berbeda beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *