3 Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sebuah Sekolah Yang Bisa Diikuti Oleh Seorang Siswa

Apa itu kegiatan ekstrakurikuler? Kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan sekolah yang dilakukan di luar jam sekolah. Ketika seorang siswa mengikuti sebuah kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya maka seorang siswa itu telah masuk dalam sebuah keorganisasian sekolah. Ketika seorang siswa masuk dalam sebuah keorganisasian di sekolahnya maka seorang siswa itu harus mematuhi setiap aturan yang diberlakukan di organisasi yang diikutinya. OSIS merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sebuah sekolah. Selain OSIS ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang bisa diikuti oleh seorang siswa, 3 diantaranya adalah sebagai berikut :

 

  1. PASKIBRAKA

PASKIBRAKA merupakan singkatan dari pasukan pengibar bendera pusaka. Ketika seorang siswa masuk dalam PASKIBRAKA maka siswa itu bertujuan untuk terlatih menjadi pasukan pengibar bendera pada saat upacara di setiap senin pagi di sekolahnya. Setiap siswa ini nantinya akan dilatih baris berbaris dan juga latihan lainnya yang berhubungan dengan PASKIBRAKA.

 

  1. PMR

PMR merupakan singkatan dari Palang Merah Remaja. Ketika seorang siswa ikut dalam organisasi PMR maka seorang siswa itu akan terlihat gagah dengan pakaian ala PMR yang seperti Dokter atau juga Perawat. PMR disebuah sekolah memang bertujuan untuk membantu ketika ada seorang siswa yang sedang sakit.

 

  1. PKS

PKS merupakan singkatan dari Pasukan Keamanan Sekolah. Ketika seorang siswa mengikuti keorganisasian PKS ini maka seseorang ini bertugas untuk menjaga kemanan sekolahnya. Sebagai contoh ketika saya masih di bangku sekolah, tugas anggota PKS ini adalah membantu jalannya lalu lintas saat anak anak sekolah telah bubar untuk pulang ke rumahnya.

 

Itulah 3 kegiatan ekstrakurikuler di sebuah sekolah yang bisa diikuti oleh seorang siswa. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *