Ketahui Radiator Dan Kegunaannya

Hasil gambar untuk Ketahui Radiator Dan Kegunaannya

Bagi Anda yang ingin tahu mengenai apa itu radiator dan kegunaannya, simak ulasan berikut ini. Radiator ini merupakan bagian yang tergolong sangat penting untuk aspek kelancaran kerja mesin mobil. Tugas utama dari komponen radiator mobil ini adalah untuk dapat mendinginkan mesin. Dengan kegunaan komponen radiator mobil tersebut, maka bisa mendapatkan temperatur performa kerja mesin yang optimal. Supaya komponen radiator mobil ini tetap pada keadaan yang bersih dan juga tidak mampet, maka diperlukan perawatan yang berkala. Biasanya komponen radiator mobil ini diganti ketika mobil sudah menempuh jarak 20.000 km. Anda juga bisa mengganti air pada komponen radiator mobil ini kalau memang sudah terlihat kondisi airnya sudah keruh. Dari warna keruh pada cairan komponen radiator mobil tersebut dapat dilihat lewat lubang bagian atas radiator setelah penutupnya dibuka. Sekedar mengganti cairan komponen radiator mobil, sebenarnya Anda tak harus datang ke tempat bengkel, Anda bisa mengganti cairan komponen radiator mobil sendiri. Walaupun begitu, tetap Anda harus tahu terlebih dahulu cara menguras air radiator mobil.

Ada 5 tahapan yang harus dilakukan jika Anda ingin mengganti cairan radiator sendiri. Untuk tahap ganti air radiator mobil yang pertama yaitu dengan membuka tutup pada lubang radiator di bagian atas. Lalu setelah itu, tahap ganti air radiator mobil selanjutnya yaitu dengan membuka baut pembuangan komponen radiator yang terdapat di bawahnya radiator. Kemudian, tahap ganti air radiator mobil selanjutnya yaitu dengan menunggu hingga air yang terdapat di dalam radiator dan juga mesin sudah terbuang semua. Anda harus memastikan kondisi mesin mobil Anda masih dingin supaya tangan Anda tak akan cedera saat menyelesaikan proses tahap ganti air radiator mobil satu ini. Ada hal penting lain saat Anda melakukan proses ini yaitu saat dalam tahap ganti air radiator mobil ini, kondisi mesin lebih baik dalam keadaan yang menyala. Fungsinya dari tips tahap ganti air radiator mobil satu ini yaitu seluruh air yang terdapat pada sistem pendinginan bisa keluar semua. Lalu, setelah cairan di radiator sudah habis, tahap ganti air radiator mobil selanjutnya yaitu dengan menutup baut pembuangan bagian bawah lalu membuka bautnya pembuangan angin kalau memang ada.

Cara atau tahap ganti air radiator mobil yang selanjutnya yaitu dengan mengisi air radiator memakai cairan pendingin komponen radiator atau yang biasa juga disebut radiator coolant. Untuk tahap ganti air radiator mobil yang selanjutnya yaitu dengan menutup baut pembuangan angin lalu dibiarkan tutup lubang komponen radiator di bagian atas terbuka. Ada hal penting yang harus Anda ketahui saat melakukan tahap ganti air radiator mobil satu ini. Anda harus memastikan posisi AC mobil Anda sudah mati lalu baru Anda bisa menghidupkan mesin hingga temperaturnya menunjuk setengah sert kipas radiatornya berputar. Untuk tahap ganti air radiator mobil yang selanjutnya yaitu jika volume air tetap dirasa masih saja kurang, Anda bisa segera menambahkan hingga sampai batas maksimal. Setelah itu, Anda bisa menutup lagi lubang radiatornya. Ada lagi tips melakukan tahap ganti air radiator mobil lainnya yaitu jangan sampai Anda lupa cek tangki cadangan komponen radiator atau reservoir tank. Jika memang kotor, maka Anda bisa segera menguras dan mengisi kembali dengan menggunakan cairan radiator coolant baru hingga batas maksimum lalu tutup lagi dengan rapat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *