Apa Itu Apartemen Tipe Studio Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Taman Anggrek Residence - Luxury 1BR Apartment Taman Anggrek Residence By Travelio

Jaman sekarang, orang-orang tidak lagi memilih rumah sebagai tempat hunian. Mereka mulai melirik hunian bertingkat seperti apartemen. Terutama pada orang-orang yang menyukai kepraktisan dan memiliki gaya hidup modern yang tinggal di kota besar metropolitan seperti di jakarta. Sewa apartemen misalnya sewa apartemen jakarta barat kerap menjadi pilihan utama.

Berbagai jenis apartemen mulai ditawarkan oleh para developer, dari tipe studio hingga tipe  duplex maupun triplex. Akan tetapi dari semua jenis apartemen, apartemen studiolah yang paling banyak diminati.

Apa Itu Apartemen Studio?

Sebenarnya apa itu aparteme tipe studio? Apartemen studio adalah apartemen yang terdiri dari satu ruang multifungsi dimana ruang tidur, dapur, ruang tamu menjadi satu tanpa dinding pembatas. Apartemen studio dikenal juga sebagai flat, bachelor flat, flat studio di luar negeri. Bachelor flat karena biasanya di luar negeri, orang-orang selepas wisuda memisahkan diri dari keluarga dan tinggal sendirian di sebuah flat untuk hidup lebih mandiri.

Seperti pada apartemen lainnya, apartemen studio juga memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Ada baiknya sebelum menyewa apartemen studio ini, anda harus mempelajarinya secara seksama agar tidak kecewa kedepannya.

Kelebihan Apartemen Studio :

  1. Sangat praktis dan efisien
  2. Biaya perawatan apartemen yang murah karena luas apartemen yang kecil
  3. Membersihkan apartemen studio sangat mudah dibandingkan tipe apartemen lainnya
  4. Cocok untuk profesional muda atau ruang kerja para seniman
  5. Harga sewa dan beli apartemen studio sangat murah dan terjangkau kantong
  6. Investasi yang menguntungkan karena apartemen yang paling banyak dicari dan nilai properti terus menaik setiap tahunnya

Kekurangan Apartemen Studio :

  1. Tidak ada privasi sama sekali, karena 1 ruangan digunakan sebagai kamar tidur, dapur, dan ruang tamu
  2. Luas ruangan sempit sehingga pemilihan furnitur yang salah akan membuat ruangan menjadi sesak
  3. Tidak cocok untuk orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak
  4. Ruangan terbatas sehingga anak-anak tidak bisa bermain secara bebas

Nah apartemen studio sendiri, banyak jenis dan ragamnya bergantung pada bentuk dan luasnya. Adapun jenis apartemen yang tergolong apartemen tipe studio adalah :

  1. Apartemen studio

Apartemen studio adalah bangunan apartemen studio dengan 1 ruangan berbentuk kotak. Di dalam ruangan tersebut difungsikan sebagai kamar tidur, ruang tamu, dan dapur tanpa ada dinding pembatas. Luas ruangan tidak lebih dari 30 m2. Apartemen ini sangat cocok untuk mahasiswa dan pegawai baru, karena harga sewa ramah di kantong. Pilihan alternatif ketika bosan tinggal di rumah/kamar kost.

  • Apartemen alcove

Apartemen alcove adalah bangunan apartemen alcove dengan 1 ruangan berbentuk huruf L.  Di dalam ruangan tersebut difungsikan sebagai kamar tidur pada bagian yang memyempit (half room), sedangkan bagian yang luas digunakan sebagai ruang tamu,dan dapur tanpa ada dinding pembatas. Luas ruangan tidak lebih dari 30 m2, sama seperti apartemen studio pada umumnya. Ruangan ini sangat cocok untuk profesional muda dan orang-orang yang menyukai kepraktisan hidup

  • Apartemen convertible studio

Apartemen convertible studio adalah bangunan apartemen yang terdiri dari beberapa ruangan dan terdapat dinding pemisah. Luas ruangan apartemen lebih luas dibandingkan apartemen tipe studio dan alcove. Akan tetapi lebih membutuhkan biaya perawatan yang lebih besar juga dibandingkan apartemen tipe studio dan alcove. Ruangan ini sangat cocok untuk pasangan baru menikah yang hanya memiliki budget sewa hunian sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *