Setelah Operasi, Jangan Lakukan Hal-hal Ini Dulu Ya

Pasca operasi, kita perlu melakukan proses pemulihan terlebih dahulu agar tubuh benar-benar siap untuk beraktivitas kembali dan luka bekas operasi juga bisa mengering dengan sempurna. Hal inilah yang penting untuk diperhatikan karena beberapa orang seringkali tidak sabar dengan proses pemulihan yang lama

Dalam proses pemulihan, biasanya luka menjadi focus utama agar lebih cepat kering. Untuk mengeringkan luka pasca operasi, Anda bisa menggunakan Obat untuk mempercepat penyembuhan luka yang efektif. Akan tetapi, disamping menggunakan obat kita juga perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dihindari agar luka tidak semakin parah. Berikut ini beberapa diantaranya yang perlu untuk diperhatikan.

Berhubungan intim

Berhubungan intim dengan pasangan jelas menjadi hak bagi siapapun yang telah menikah. Tapi, setelah menjalani operasi Anda perlu sedikit menahan aktivitas yang satu ini karena belom boleh dilakukan. Ya, berhubungan intim merupakan salah satu hal yang perlu dihindari pasca operasi agar pemulihan operasi bisa berjalan lebih cepat atau tidak terhambat.

Meskipun berhubungan intim bisa mengeluarkan hormon yang baik bagi tubuh, namun aktivitas ini tidak boleh dilakukan setelah Anda menjalani operasi. Sebab, berhubungan intim setelah operasi bisa membuat luka jadi semakin parah dan membuat proses penyembuhan luka jadi semakin lama. Terlebih jika Anda baru menjalani operasi Caesar, berhubungan intim bisa menyebabkan luka menjadi terbuka kembali.

Kurang minum dan konsumsi serat

Tubuh manusia memiliki kandungan air yang cukup tinggi didalamnya. Setidaknya ada sekitar 60% kandungan cairan yang ada didalam tubuh dan perlu tetap terjaga komposisinya. Ketika cairan dalam tubuh berkurang, maka sistem kerja organ tubuh akan terganggu serta membuat tubuh kita jadi terasa lemas.

Hal serupa juga perlu diperhatikan jika Anda baru selesai menjalani operasi. Konsumsi air mineral perlu terpenuhi agar proses pemulihan luka bisa berjalan lebih cepat. Tubuh yang kurang terhindrasi atau dehidrasi cenderung mengalami proses pemulihan luka yang lambat. Selain itu, kebutuhan serat tubuh juga perlu dijaga agar tidak mengalami sembelit yang berpotensi membuat luka jadi semakin terbuka.

Dua hal diatas penting untuk dihindari jika Anda ingin terhindar dari luka yang semakin parah pasca operasi. Disamping itu, lengkapi juga pengetahuan Anda seputar dunia kesehatan dengan rutin membaca artikel tentang mengatasi sakit kepala gue sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *