Indonesia Bisa Menjadi Negara Maju, Apabila Pemerintah Memperhatikan 4 Hal ini

Hasil gambar untuk indonesia

Pada dasarnya, setiap Negara itu masing-masingnya memiliki masalah tersendiri. Ya, begitu pun yang terjadi dengan Negara Indonesia, yang sedang dihadapkan pada berbagai permasalahan yang rumit. Sebagai warga Negara Indonesia, tentu saja kita menginginkan perubahan agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Dari sekian banyaknya permasalahan tersebut, setidaknya ada 4 hal yang harus mendapat perhatian ekstra dari pemerintah Indonesia. Lantas, hal-hal apa sajakah itu? Nah, biar kalian tidak penasaran, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Pendidikan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pendidikan merupakan sarana yang sangat penting untuk menimba ilmu sebanyak mungkin. Namun pada kenyataannya, dunia pendidikan di Indonesia masih jauh dari harapan. Jangankan sekolah-sekolahan yang ada di pedesaan, sebagian sekolah di perkotaan pun masih ada yang belum memiliki fasilitas mumpuni. Ya, sebut saja beberapa aspek yang diantaranya adalah buku-buku yang tidak lengkap, ruang belajar yang terbatas, kualitas pengajar yang tidak kompeten, dan lain sebagainya. Satu hal lagi, yakni koneksi internet yang kerap dikeluhkan oleh kaum pelajar. Padahal, di era yang serba digital seperti sekarang ini, internet memiliki peranan penting untuk mengakses ilmu pengetahuan yang luas.

2. Peningkatan Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

Salah satu yang menjadi alasan kuat mengapa perusahan bertaraf internasional yang ada di Indonesia lebih percaya pada tenaga kerja asing, yakni dikarenakan tenaga kerja lokal memang kalah bersaing dengan mereka. Tentu saja peran pemerintah sangat dibutuhkan, untuk meningkatkan kualitas SDM dengan menyediakan wadah dalam mengasah potensi seperti SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Dalam hal ini, pemerintah diharapkan agar lebih banyak lagi membuat SMK agar dapat mencetak SDM yang berkualitas sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Untuk mengoptimalkan peningkatan SDM, kita juga harus meiliki skill yang menguasai ilmu digital dan informatika.

3. Pemberantasan Narkoba

Ini dia salah satu faktor yang menjadi penyebab dari rusaknya moral dan akhlak generasi penerus bangsa. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kebanyakan korban dari para pengguna narkoba itu adalah kaum remaja. Sedari itu, pemerintah harus memberikan perhatian khusus pada masalah peredaran narkoba yang semakin merajalela. Disamping mengandalkan peran pemerintah, hal ini juga harus dilandasi dengan kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba, serta seberapa jauhkah peran orangtua dalam mendidik anak-anaknya.

4. Pemberantasan Korupsi

Hal berikutnya yang harus diperhatikan oleh pemerintah untuk membuat Indonesia menjadi Negara maju, yakni pemberantasan korupsi. Bahkan, banyak yang bilang bahwa korupsi di Indonesia itu sudah menjadi hal yang lumrah lho! Ya, sudah tidak terhitung lagi berapa banyak jumlah uang Negara yang telah dicuri oleh para tikus-tikus kantor ini. Tapi anehnya, pemerintah seakan tidak mengambil keputusan tegas dalam memberi hukuman kepada para koruptor. Alhasil, hukuman tersebut sama sekali tidak menghasilkan efek jera sehingga tindak pidana korupsi pun seakan tidak ada ujungnya. Dalam hal ini, pemerintah diharapkan untuk memberikan hukuman yang seberat-bertanya kepada para koruptor.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah yang bisa membuat Negara Indonesia lebih maju lagi. Dengan demikian, semoga saja pemerintah memperhatikan hal-hal tersebut di masa pedan yang mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *