IBID Balai Lelang Dengan Perfoma Terbaik Dalam Bidang Transportasi

IBID Astra merupakan sebuah balai lelang yang lebih banyak melelang produk produk otomotif seperti kendaraan rodaan dua dan juga roda empat. Tetapi sekarang mereka sudah memulai pelelangan untuk gadget dan juga alat berat. Mereka menghadirkan IBID sebagai solusi Channel pemasaran dalam skala besar bagi mitra perusahaan yang akan menjual asset kendaraan miliknya. Tetapi tidak hanya perusahaan saja karena kamu juga sebagai perorangan bisa secara langsung mempercayakan kendaraan milikmu untuk dijual dalam  lelang. Siapa saja bisa berpartisipasi menjadi peserta lelang, baik perusahaan ataupun perorangan, mulai dari pembelian berskala besar hingga pembelian unit secara satuan.

IBID disetiap minggunya mengadakan pelelangan dilebih dari 10 kota besar secara rutin. Dan hingga saat ini sudah berhasil mengadakan lelang dilebih dari 30 kota lelang di Indonesia. Hingga akhir tahun 2016 lalu, ada sekitar 27.000 kendaraan roda empat yang sudah berhasil terjual melalui lebih dari 500 lelang setiap tahunnya.

Berkat prestasinya itu, IBID berhasil mendapatkan penghargaan “The 1st World Class Quality Achievement” untuk kategori lelang mobil dari Mars Research. Selain itu hebatnya lagi IBID juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai lelang yang memiliki perfoma terbaik dalam bidang transportasi.

Kemungkinannya kamu pernah melihat begitu banyaknya unit kendaraan yang dilelang oleh IBID Astra, lalu muncul pertanyaan dalam pikiranmu dari manakah asal kendaraan tersebut? Perusahaan penyedia layanan lelang IBID ini memang menawarkan berbagai macam kendaraan dalam berbagai kondisi. Tidak tanggung tanggung perusahaan penyedia layanan lelang ini rata rata mengadakan 50 kali pelelangan di seluruh Indonesia. Penjualan kendaraan melalui pelelangan yang diadakannya diklaim mampu menjual kendaraan hingga mencapai 2.000 unit.

Lalu dari manakah asal kendaraan kendaraan tersebut? IBID mengungkapkan beberapa sumbernya, dimana yang paling banyak itu berasal dari rekan satu perusahaan Serasi Autoraya yaitu Trac yang bergerak didalam bidang penyewaan kendaraan. Daddy Doxa Manurung selaku Chief Opertion Officer PT Balai Lelang Serasi mengatakan Trac memiliki sekitar 30 ribu unit mobil. Dimana perusahaan tersebut setiap empat tahhunnya itu melakukan peremajaan kendaraan. Nantinya unit kendaraan tersebut akan dilimpahkan ke IBID.

Jika Trac melakukan peremajaan kendaraan setiap empat tahun sekali maka itu berarti ada sekitar 8 ribu hingga 9 ribu jumlah kendaraan setiap tahunnya yang masuk ke Ibid. Seluruhnya 100 persen akan dilimpahkan ke IBID.

Lalu yang kedua menurut Daddy kendaraan tersebut berasal dari perusahaan pembiayaan yaitu anak perusahaan Astra International, Astra Credit Companies (ACC). Perusahaan ini disetiap bulannya akan melimpahkan unit kendaraan sebesar 70 hingga 80 persen atau sekitar 1000 hingga 1500 unit. Selain ACC masih ada ASTRA Group ada juga Toyota Astra Finance, tetapi jumlah kendaraan yang mereka distribusikan sedikit yaitu sekitar 500 hingga 600 unit.

Jika diluar Astra memang jumlah kendaraannya tidak banyak, begitu juga dengan perorangan. Meski begitu angka kecil dari perorangan tersebut tetap menjadi perhatian IBID. Pasalnya dengan masuknya unit kendaraan dari perorangan ini juga secara tidak langsung akan menjadi salah satu indicator tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis lelang.

IBID yang berdiri sejak tahun 2007 ini salah satu penyelenggara lelang kendaraan yang berada dibawah naungan bendera Grup Astra. Awal munculnya perusahaan ini adalah adanya peraturan pemerintah yang mewajibkan melelang kendaraan harus melalui badan lelang resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *