PENYEBAB TERJADINYA ORANG TERJANGKIT VIRUS HIV SERTA GEJALANYA

Penyakit HIV: 7 Gejala dan Tanda-tandanya

Siapa yang tak mengetahui virus HIV, virus ini merupakan virus yang bekerja untuk merusak sistem kekebalan tubuh manusia, Orang yang mengidap penyakit HIV akan memiliki gejala penyakit HIV yang sangat banyak dan panjang, penyakit HIV juga memiliki tahapan dan gejala yang berbeda-beda yaitu pada saat beberapa bulan setelah orang terkena virus HIV maka akan masuk pada tahap pertama Infeksi Akut yang memiliki gejala seperti Demam disertai menggigil, muncul ruam di kulit, muntah, nyeri pada otot dan sendi, sakit kepala dan sakit perut. Pada tahap awal yaitu infeksi akut Virus HIV lebih mudah menyebar ke seluruh tubuh karena tekanan darah yang cukup tinggi.

Setelah beberapa bukan terkena Virus HIV maka masuk pada tahap kedua yaitu Infeksi Laten yang memiliki gejala berbeda seperti, Berat Badan Turun, Berkeringat di malam hari, Demam, Diare, Mual/Muntah, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, dan tubuh lemas seperti tak memiliki tenaga. Pada kasus tahap infeksi Laten sistem kekebalan tubuh rusak parah setelah diserang virus selama berbulan-bulan, hal ini tidak boleh dibiarkan karena jika dibiarkan maka akan memasuki tahap terakhir yaitu AIDS yang tentunya sudah sangat kecil harapan untuk sembuh.

HIV memiliki banyak faktor penyebab orang sehingga dapat terjangkit, hak ini perlu dipahami dengan baik agar kita dapat terhindar dari jangkitan virus HIV, berikut penyebab orang terjangkit HIV.

1.Berhubungan Intim

Berhubungan intim yang dimaksud bukanlah berhubungan secara normal, namun orang dapat tertular HIV karena sering berhubungan intim dengan berganti-ganti pasangan. Hal ini bisa saja terjadi meskipun sudah menggunakan alat pengaman berhubungan intim seperti kondom, karena memang penyebaran virus HIV dapat begitu mudah saat berhubungan intim dengan orang yang terjangkit virus HIV.

2.Jarum Suntik

Nah jarum suntik yang dimaksud juga bukan berarti jarum suntik yang dipakai oleh tenaga medis ya melainkan jarum suntik yang digunakan untuk menggunakan obat-obatan terlarang, penyebaran virus HIV dapat begitu mudah menyebar melalui aliran darah, jarum suntik yang sudah dipakai oleh seseorang yang terjangkit virus HIV jika dipakai oleh orang lain maka virus akan mudah menyebar lewat jarum suntik yang disuntikan ke tubuh kita melalui aliran darah.

3.Transfusi Darah

Sebenarnya hal yang ketiga ini sangat jarang terjadi karena biasanya pihak medis sangat meminimalisir jarum suntik yang tidak higenis untuk dipakai kepada sang pendonor dan yang didonorkan, tetapi untuk lebih berhati-hati ada baiknya pastikan jarum suntik higenis dan jangan pernah mendonorkan darah pada saat sistem imun sedang menurun seperti demam misanya, karena orang gang memiliki sistem imun yang lemah akan mudah terserang penyakit HIV bahkan penyakit lainnya.

Untuk sekedar menambah wawasan dan tentunya kita juga perlu mengetahui hal ini, Penyebaran virus HIV bukan melalui berjabat tangan, berpelukan, atau kontak fisik lainnya melainkan dengan aliran darah serta air liur yang masuk ke dalam tubuh kita, hal ini sering disalah artikan bagi setiap orang ketika bertemu orang yang mengidap HIV dan tidak mau bersalaman padahal penyebaran virus HIV bukan melalui kontak fisik dengan kulit.

Nah itulah beberapa informasi seputar gejala dan penyebab orang terjangkit virus HIV, pahamilah baik-baik hal apa saja yang dapat menyebabkan seseorang terkena HIV, semoga informasi di atas dapat membantu kalian yang membacanya terimakasih.