Yuk Intip Program Keren Penanganan Sampah Plastik

Sampah plastik kini telah menjadi masalah global yang sangat mendesak untuk ditangani. Jika tidak keseimbangan alam akan terganggu, dan kehidupan manusia pun akan terancam. Hal ini disebabkan oleh karakteristik sampah yang sangat sulit untuk terurai. Butuh waktu ribuan tahun untuk mengurai sampah hingga hancur total. Ditambah dengan kesadaran manusia akan penggunaan plastic yang dibilang kurang. Salah satu merek air mineral yaitu AQUA sudah mulai program kampanye bijak berplastik untuk mengurangi sampah plastik.

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam menangani sampah adalah Danone- AQUA. Aqua telah memulai program penanganan sampah ini sejak lama, yaitu sejak tahun 1993. Berbagai program telah dilakukan oleh Aqua dalam menangani sampah plastik. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Program Aqua peduli

Program yang satu ini dilakukan untuk mngandalikan jumlh sampah plstik yang berasal dari kemasan air mineral Aqua sendiri. Program ini dilakukan dengan cara menarik kembali kemasan botol air mineral Aqua yang telah digunakan melalui distributor dan agen. Kemudian kemasan tersebut akan di cacah, diolah dan di ekspor ke manca negara.

  • Membangun Unit Bisnis

Program Aqua dalam menangani sampah saat ini mulai berkembang. Tidak hanya sampah bekas kemasan air mineral Aqua saja yang ditarik, namun berbagai sampah plastik lainnya pun turut di tarik dalam program pengumpulan. Untuk mengelolanya Aqua membangun unit bisnis di berbagai kantung-kantung tempat pengumpulan sampah. Unit bisnis ini akan membantu mengelola dan menyalurkan sampah plastic hasil pengumpulan.

  • Melakukan edukasi

Langkah lain yang dilakukan oleh Aqua dalam mewujudkan kepedliannya terhadap sampah plastik adalah dengan melakukan edukasi kepada masyarakat agar bijak berplastik. Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan baya dari sampah plastik, sehingga masyarakat lebih bijak dalam memperlakukan sampah plastik. Dalam program ini Aqua bekerjasama dengan berbagai lembaga seperti lembaga pendidikan hingga komunitas penyelam.

Dengan berbagai program keren itulah, Aqua berhasil menekan pertumbuhan sampah plastik di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung dan bali. Dengan demikian kita dapat mewujudkan lingkungan bersih dan bebas sampah plastik.