Melengkapi Bulan Ramadhan Dengan Kue Nastar

5 Fakta dan Asal-usul Kue Nastar, Kudapan Khas Lebaran

Bulan Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah ini tentu sangat identik dengan hidangan manis yang seolah ‘harus’ dimiliki di setiap rumah, salah satu contohnya yaitu kue nastar. Kue yang terbilang menjadi favorit sebagian banyak orang ini merupakan kue yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan ini bukan? Jika anda sedang mencari resep kue nastar, maka anda sedang berada di tempat yang benar! Dalam artikel ini kami akan memberikan resep kue nastar yang mudah beserta tips untuk menjadikan kue nastar tersebut renyah! Mari kita simak resep dan tips nya berikut ini;

Tips : Jangan Memakai Putih Telur
Saya menemukan bahan yang benar-benar mengurangi tekstur leleh & rapuh kue nastar – putih telur! Putih telur bukan bahan yang ideal untuk membuat kue tar nanas karena alasan berikut:

  • Putih telur benar-benar meningkatkan ikatan antara kue. Oleh karena itu, kue yang kuat akan menghasilkan kulit seperti kue (tidak berarti itu tidak sama lezatnya!)
  • Warna pastry dan / atau mencuci telur lebih pucat jika putih telur ditambahkan. Sekali lagi, itu tidak menghasilkan kue yang kurang enak. Namun, penting untuk menjaga keaslian tart nanas tradisional – yang berwarna kuning, manis dan rapuh

CARA MEMBUAT:

Bahan:
A. Isian Selai Nanas:

  • 2 Nanas
  • 4 siung
  • 1 batang kayu manis
  • 110g Gula kastor

B. Adonan Kue:

  • 125g Mentega, bisa diganti dengan olesan
  • 200g Tepung serbaguna
  • 1 sdm tepung jagung

20g gula gula

1/4 sdt Garam

1 kuning telur

C. OIesan Telur:

  • 1 kuning telur
  • 1 sdt Air dingin

Cara Membuat:

A. Isian selai nanas:

  1. Potong dan campur nanas dengan blender. Jalankan blender, setelahnya saring jus nanas tersebut dari cairan dan ampas nya.
  2. Masak nanas dengan api sedang dalam wajan besar, bersama dengan kayu manis dan cengkeh. Aduk sesekali. Langkah ini untuk menghilangkan sebanyak mungkin cairan melalui penguapan.
  3. Setelah sekitar. 30 menit, nanas akan terlihat lebih kering sekarang. Tambahkan gula dan lanjutkan memasak (sekitar 20 menit lagi) sampai pure berwarna cokelat keemasan dengan konsistensi seperti selai. Diamkan hingga dingin sepenuhnya.

B. Adonan Kue:

  1. Dalam mangkuk pengaduk, campur mentega, tepung dan tepung jagung dengan tangan. Tambahkan sisa bahan kering dan aduk hingga rata. Terakhir, tambahkan kuning telur ke dalam mangkuk dan terus campur dengan tangan. Atau, Anda dapat menggunakan mixer untuk langkah ini. 
  2. Uleni adonan pastry dengan lembut di dalam mangkuk atau di atas permukaan sebentar. Dinginka adonan di lemari es selama 40 menit. *

Membentuk Adonan

  1. Ratakan isi nanas dan adonan ke dalam bola ukuran masing-masing 1/2 sdm dan 1/2 sdt. Ratakan adonan untuk menutupi & bungkus nanas di tengahnya. Jepit & guling dengan lembut di telapak tangan untuk mengurangi kerutan. 
  2. Panaskan oven hingga 180 derajat Celcius dengan bantuan kipas. Lapisi nampan kue dan letakkan bola kue sedikit terpisah satu sama lain.
  3. Olesi adonan dengan telur. Panggang dalam oven panas selama 18 menit. Oleskan telur kedua di kue tar dan lanjutkan memanggang selama 5 menit.
  4. Sajikan saat dingin. Karena tidak ada bahan pengawet, saya sarankan untuk selalu menjaga kue nanas dalam wadah kedap udara. Nikmati!

Catatan Tambahan : 

* Adonan kue dapat disimpan selama 3 hari di lemari es atau dibekukan hingga 2 bulan.

** Adonan pastry akan hancur dan mudah pecah.