Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online | Lengkap dengan Syarat & Langkah

Telah dilanjutkan kembali program Kartu Prakerja tahun anggaran 2020 oleh Pemerintah Indonesia. Masyarakat di Tanah Air sudah bisa mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan Kartu Prakerja gelombang 11 mulai Senin, 2 November 2020. Hal tersebut telah dikonformasi Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yaitu Louisa Tuhatu. Dirinya berkata, “Melihat tingginya animo masyarakat, Komite  Cipta Kerja (KCK) memutuskan untuk memulihkan kepesertaan Kartu Prakerja sebagai gelombang 11.”

Pembukaan Kartu Prakerja gelombang tersebut dilanjutkan dengan dibukanya kembali kuota sebanyak kurang lebih dari 400.000 orang. Diambilnya kuota tersebut berasal dari kepesertaan gelombang 1 hingga 10 yang dicabut karena tidak memilih pelatihan pertamanya.

Lalu cara yang benar mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 11 itu bagaimana? Cara pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 sama seperti gelombang gelombang sebelumnya, kamu bisa melakukannya secara daring (online) atau luring (offline). Berikut dibawah ini cara benar daftar Kartu Prakerja gelombang 11 secara online dan offline, diantaranya yaitu :

  1. Daftar Kartu Prakerja Secara Online

Untuk mendaftar Kartu Prakerja secara online bisa dilakukan dengan cara mengakses laman prakerja.go.id. Adapun cara benar mendaftarnya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke situs prakerja.go.id, kemudian klik “Daftar Sekarang”.
  • Registrasi email, kemudian membuat password untuk akun pekerja.
  • Lalu mengisi data diri. Pastikan kamu telah menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga.  
  • Kemudian mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  • Terakhir klik “Gabung” pada gelombang 11 yang tengah membuka pendaftaran.

Setelah melakukan pendaftaran, kamu bersama peserta lainnya hanya tinggal menunggu notifikasi tentang diterima atau tidaknya pengajuan Kartu Prakerja gelombang kamu bersama peserta lainnya.

  • Daftar Kartu Prakerja Secara Online

Kamu juga bisa mendaftar Kartu Prakerja secara offline sebagaimana yang telah disampaikan dalam Permenko Nomor 11 Tahun 2020. Untuk melakukan pendaftaran Kartu Prakerja secara offline ini, kamu tinggal mendatangi langsung Kementrian Ketenagakerjaan atau Pemerintah Daerah, khususnya Dinas Ketenagakerjaan.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi formulir yang sama dengan format isian pada pendaftaran online.

Seperti yang telah diberitakan pada Kompas.com, 7 Agustus 2020, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian yatu Rudy Salahuddin mengatakan bahwa, “Dari permohonan tersebut, lalu nanti secara kolektif dikumpulkan oleh kementrian atau lembaga nantinya akan mengirimkan pendaftaran. Setelah disahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan (kemudian) dikirimkan kepada PMO sehingga nanti PMO akan mengukuhkan penetapan calon peserta Kartu Prakerja tersebut.”

Pemberian Kartu Prakerja tersebut diprioritaskan untuk calon penerima yang terdampak pandemic Covid-19 dan selama pandemic sama sekali tidak pernah mendapatkan bantuan sosial. Mengutip Pasal 2 Permenko Nomor 11 Tahun 2020, Kartu Prakerja tersebut hanya akan diberikan pada mereka yang tengah mencari kerja sampingan dengan rincian sebagai berikut :

  • Para pekerja atau buruh yang terkena PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja.
  • Para pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pekerja atau buruh yang dirumahkan dan para pekerja yang bukan penerima buruh, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Nantinya jika kamu telah dinyatakan lolos Kartu Prakerja, maka bisa didapatkannya insentif. Asalkan kamu telah menyelesaikan proses pelatihannya. Saat kamu dan peserta lainnya dinyatakan lolos maka akan mendapatkan saldo sebesar Rp. 1 juta untuk pelatihan. Saldo tersebut tidak bisa dicairkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *