Kredivo vs PohonDana: Beda Bunga dan Cara Pengajuan Pinjaman

https://lh6.googleusercontent.com/ce6T4RFHSPU-LC4j2LuAn37IniHRP8JaBcGWJ4A6Fq0ql5ncX1K0NKFByPmJRk2JeHW1zan0Ox2s6PDOu0Qfrl-X-hUH1HoJHfchjn2akVrV0GgJITwyyvikzHDJ5KPLV-6_W5O-

Dari 150 lebih fintech aplikasi pinjaman uang online cepat yang sudah terdaftar dan berizin dari OJK, Kredivo dan Pohon Dana adalah dua di antaranya. 

Sebagai aplikasi fintech, Kredivo sendiri memang sangat populer beberapa tahun ini karena fasilitas kredit yang ditawarkannya nggak main-main: bisa cicilan barang tanpa DP dan bisa pinjaman tunai juga. Selain itu, e-commerce dan merchant yang digandeng Kredivo jumlahnya juga sangat banyak. Termasuk e-commerce ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Blibli, dan Lazada. 

Sementara PohonDana adalah aplikasi fintech yang layanannya fokus pada pinjaman online baik bagi peminjam maupun pendana atau orang-orang yang tertarik melakukan investasi/pendanaan. 

Setahun belakangan, saya udah jadi pengguna premium Kredivo tapi belum pernah coba fitur pinjaman onlinenya. Pas lagi ada kebutuhan mendesak kemarin akhirnya saya coba juga. Cuma sebelum itu, saya iseng banding-bandingin lagi antara pinjaman di Kredivo dan fintech lain, salah satunya yang ketemu di Google Play Store adalah PohonDana ini. 

Nah hitung-hitung bantu kalian yang lagi cari aplikasi pinjaman uang online cepat terbaik, kali ini saya mau tulis review perbandingan pinjam uang di Kredivo vs PohonDana. Apa aja yang saya bandingin dan gimana hasilnya? Langsung aja ke tiga poin berikut: 

Perbedaan Limit dan Suku Bunga Pinjaman antara Kredivo dan PohonDana

Salah satu poin yang buat saya tertarik pakai fitur pinjaman di aplikasi Kredivo adalah tawaran suku bunganya yang lebih rendah dibanding yang lain untuk ukuran pinjaman online cepat yang bisa cair dalam sehari. Bunganya cuma 2,6% per bulan untuk jenis pinjaman tunai. 

Lewat fitur pinjaman tunai, saya bisa pinjam dana mulai 500 ribu dalam tempo 30 hari hingga Rp 1 juta dengan pilihan masa tenor 3 bulan atau 6 bulan. 

Gimana dengan limitnya? Nah, ini juga salah satu poin menarik yang bisa saya share. Di Kredivo, limit kredit diberikan di awal saat saya daftar & disetujui. Karena status akun saya adalah akun Premium, saya dapat limit yang lumayan besar sekitar Rp 18 jutaan (maksimal bisa sampai Rp 30 juta). Pas butuh pinjaman, limit di akun saya inilah yang saya bisa cairin lewat fitur pinjaman tunai. 

Saat saya bandingin sama PohonDana, dari situsnya tertera informasi bahwa pengajuan pinjaman di PohonDana berkisar mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 15 juta. Sementara tenornya tersedia mulai dari 1 bulan sampai dengan 24 bulan. Untuk suku bunga di PohonDana berkisar mulai 1,5% – 3%. 

Gambaran Simulasi Pinjaman di Kredivo dan PohonDana

Di Kredivo, saya coba cek simulasi pinjaman pada fitur pinjaman jumbo. Untuk pinjaman sebesar Rp 1 juta dengan tenor 3 bulan, simulasinya kurang lebih: 

  1. Jumlah pinjaman Rp1.000.000. 
  2. Biaya administrasi 6% yaitu sebesar Rp60.000.
  3. Jumlah pinjaman diterima/ditransfer sebesar Rp940.000. 
  4. Angsuran per bulan yang harus dibayar (selama 3 bulan) sebesar Rp359.340, udah termasuk bunganya 2,6%. 

Kalau ditotal maka pinjaman yang harus dikembalikan menjadi Rp1.078.020. 

Di situs PohonDana, tersedia juga fitur simulasi pinjaman yang bisa digunakan. Untuk jumlah pinjaman yang sama dengan yang saya coba di Kredivo, di PohonDana simulasinya menjadi: 

  1. Jumlah pinjaman Rp1.000.000.
  2. Bunga Rp45.000. 
  3. Angsuran yang harus dibayar per bulan Rp348.333. 

Pada simulasi tersebut, PohonDana menghitungnya berdasarkan suku bunga minimal yang dimilikinya yaitu 1,5% dari kisaran 1,5% sampai 3%. Sayangnya, di dalam simulasi nggak dicantumkan berapa besaran pinjaman yang akan diterima/ditransfer dan berapa biaya provisinya. 

Selain itu, di samping kotak simulasi, PohonDana juga mencantumkan disclaimer bahwa perhitungan simulasi bukan merupakan penawaran fasilitas pinjaman. Pemberian fasilitas masih bergantung lagi pada proses dan kebijakan PohonDana. 

Dibandingkan dengan yang ditampilkan Kredivo, buat saya simulasi PohonDana masih kurang jelas dan menimbulkan beberapa pertanyaan. Begitu juga dengan suku bunganya. Di Kredivo, suku bunganya jelas hanya 2,6%, sedangkan di PohonDana ada kisaran 1,5% sampai 3% di mana informasi yang tertera tidak detail menjelaskan kapan pinjaman akan diberi bunga minimum kapan akan maksimum. 

Perbedaaan Syarat & Cara Mengajukan Pinjaman di Kredivo dan PohonDana

Kredivo dan PohonDana sama-sama menggunakan platform aplikasi dalam layanan pinjamannya. Bedanya, aplikasi Kredivo udah tersedia bagi pengguna Android maupun iOS, sedangkan PohonDana saat ini baru tersedia dan bisa digunakan oleh pengguna Android lewat Google Play Store. 

Pas saya daftar Kredivo, syarat yang harus saya penuhi sebelum daftar ada 3, yaitu (1) Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia; (2) Berusia minimum 18 tahun atau maksimum 60 tahun; (3) Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Setelah itu, saya unduh aplikasi Kredivo terus unggah satu per satu dokumen pribadi yang dibutuhkan kayak KTP, NPWP, dan harus isi form data diri. Begitu pendaftaran disetujui, saya langsung diberikan limit oleh Kredivo dan limit tersebut bisa langsung digunakan. 

Kalau mau dicairkan, maka caranya adalah saya harus klik fitur pinjaman mini atau jumbo yang ada di halaman depan aplikasi Kredivo. Masukkan nominal pinjaman, tujuan pinjaman, tenor yang diinginkan, lalu nomor rekening atas nama pribadi. Kalau udah, selanjutnya cuma tinggal nunggu aja apakah pinjaman saya diapproved atau nggak. 

Sayangnya di PohonDana, baik di situs maupun aplikasinya, saya nggak menemukan informasi yang jelas mengenai syarat minimum yang harus dipenuhi sebelum daftar atau ngajuin pinjaman. Hanya aja di bagian aplikasi ada tahapan-tahapan yang diberikan untuk daftar akun di aplikasi PohonDana. 

Dari tiga poin perbandingan di atas, akhirnya saya pribadi mutusin buat balik & coba pakai Kredivo aja untuk pinjaman yang saya butuhin. Nggak sampai 1 x 24 jam, pinjaman yang saya ajuin lewat fitur pinjaman jumbo udah bisa cair sesuai dengan simulasi yang ditampilin di awal. Satu hal lagi yang saya suka dari Kredivo, semua transaksi yang pernah kita lakukan tercatat dengan rapi di bagian menu “Transaksi” termasuk detail nominal dan tanggal jatuh temponya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *