Tips Membeli HP Bekas Melalui Marketplace

main image

Tips membeli vivo v15 bekas mungkin tidak sulit, banyak sekali tempat-tempat yang menjual HP HP bekas. Namun, bagaimana dengan membeli HP bekas melalui marketplace seperti facebook misalnya. Apakah sama caranya dengan membeli HP bekas pada umumnya, apa saja tips dan triknya?

Pada dasarnya agak sama, hanya saja ada beberapa proses yang membedakannya. Namun, ada hal yang perlu Anda sangat perhatikan pada saat membeli HP bekas di media social karena banyaknya kasus penipuan. Berikut ini, beberapa tips untuk membeli HP bekas melalui marketplace yaitu:

1.            Perlu Memastikan Kelengkapan HP

Sama halnya seperti membeli HP pada umumnya, walaupun hanya sekedar HP bekas tapi Anda perlu memastikan kelengkapan dari HP atau ponsel yang Anda beli. Meskipun tidak selengkap pada saat membeli baru, namun pastinya masih ada beberapa kelengkapan dari HP tersebut yang bisa Anda dapatkan.

Karena, kalau benar-benar tidak ada maka Anda harus mencurigai kesahan ponsel tersebut bukan barang hasil curian. Ini merupakan tips membeli HP bekas yang pertama yang harus Anda lakukan, agar tidak salah saat membeli

.Poin yang satu ini pun juga sudah biasa pada jenis transaksi jual beli apapun dan dimanapun, hanya saja membeli di marketplace seperti ini kita harus lebih teliti lagi untuk meminta bukti pembayarannya. Agar jika terjadi sesuatu, maka Anda mempunyai bukti bahwa Anda benar-benar sudah membeli dari pihak penjual.

2.            Ada Saksi Jika Bertransaksi Langsung

Tips membeli HP bekas selanjutnya pada marketplace berbentuk media sosial adalah memiliki saksi, usahakan Anda mengajak seseorang untuk menyaksikan pada saat Anda bertransaksi. Tujuannya adalah untuk menjadi saksi jika Anda memang benar-benar melakukan transaksi jual beli HP bekas.

Sehingga Anda tidak akan disalahkan jika terjadi sebuah penipuan atau barang jual hasil curian Apapun Anda harus Anda lakukan untuk menjamin keamanan membeli barang secara online, salah satu caranya adalah dengan merekam percakapan Anda dengan penjual pada saat transaksi jual beli. Cara ini juga menjaga terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan ataupun kejahatan lainnya.

3.            Tawar Menawar yang Sehat

Setelah banyak pertimbangan, Anda tentunya juga harus menanyakan harga yang ditawarkan penjual.Jika harga tidak wajar, jangan langsung Anda setujui untuk membeli. Salah satu tips membeli HP bekas lainnya adalah dengan lebih memperdalam informasi mengenai barang atau HP yang akan Anda beli, misalnya saja menanyakan alasan penjual tersebut menjual HPnya.Bila alasannya logis, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli.

Tapi jika jawabannya agak mencurigakan, artinya Anda perlu membatalkan untuk membelinya. Hal yang terakhir adalah mencari informasi bahwa HP yang akan Anda beli adalah dari pihak pertama, artinya HP tersebut benar-benar berasal dari penjual dan bukanlah HP curian atau barang jarahan.

4.            Pilih Marketplace yang Ada Sistem Pengembalian

Saat ini ada banyak marketplace yang memfasilitasi sistem pengembalian. Jadi, Anda sangat bisa memilih aplikasi atau website tersebut sebagai fasilitator jual beli yang sehat.

Inilah beberapa cara aman untuk bisa bertransaksi jual beli HP melalui media marketplace, karena media sosial seperti facebook, twitter atau instagram sangat rentan dengan penipuan.Oleh karena itu, diperlukan sedikit informasi untuk bisa mengatasi agar tidak mudah tertipu. Agar Anda bisa membeli HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka ikutilah tips membeli HP bekas di atas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *