Anda Perlu Ketahui 7 Tips Menghilangkan Bau Badan Ampuh dan Mudah

Cegah Bau Badan Tanpa Pakai Deodoran, Begini Caranya | Indozone.id
source gambar : indozone.id

            Bau badan dapat membuat keseharian Anda semakin buruk dan tidak percaya diri, serta kemungkinan beberapa orang merasa risih juga. Biasanya bau badan bisa disebabkan oleh keringat berlebihan terutama di kota-kota dengan tingkat kepanasan tinggi.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menghilangkan bau badan yang ampuh dan mudah dengan beberapa tips dalam ulasan ini. Berikut ini terdapat tips yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau badan ampuh dan mudah, simak ulasan ini lebih lanjut, yuk!

  • Gunakan Deodoran atau Antiperspiran

Untuk menghilangkan bau badan yang efektif yaitu menggunakan deodoran atau antiperspiran. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, jika deodoran memiliki kandungan alkohol atau komponen antibakteri seperti triclosan, jadi dapat membasmi bakteri yang menyebabkan bau badan.

Sementara antiperspiran dapat mencegah ketiak menjadi basah dengan membentuk gel dan menyumbat kelenjar keringat.

  • Gunakan Deodoran atau Antiperspiran Ketika Ketiak Anda Kering

Sebelum menggunakan deodoran atau antiperspiran, Anda perlu memastikan ketiak Anda tetap kering. Jika Anda menggunakan deodoran atau antiperspiran saat ketiak sedang basah, maka ketiak Anda bisa menjadi bau.

Air yang tercampur dengan partikel kimia dari deodoran atau antiperspiran akan membuat ketiak menjadi lembab dan menyebabkan pertumbuhan jamur dan kuman.

  • Lakukan Diet

Bagi pasien obesitas, terdapat beberapa efek samping yang akan terjadi pada tubuh Anda, seperti bau badan yang tidak sedap. Anda bisa mencari program diet yang tepat dengan konsultasi ke dokter yang terpercaya.

  • Lakukan Relaksasi

Bau badan bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya yaitu stres berlebihan. Anda bisa melakukan relaksasi untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda, seperti terapi, relaksasi dan yoga.

Dengan melakukan relaksasi, maka kinerja jantung dapat mengatur cara kerja organ tubuh. Jika jantung menjadi rileks, maka hormon stres akan terbatas, sehingga bau badan tidak akan timbul lagi.

  • Jangan Membiarkan Badan Basah Terlalu Lama

Setelah Anda selesai mandi, Anda harus segera mengeringkan seluruh badan Anda dan jangan biarkan badan Anda basah terlalu lama. Hal ini dikarenakan air yang mengendap di tubuh Anda akan menyebabkan jamur berkembang biak.

Jamur tersebut dapat membuat tubuh Anda mengeluarkan bau tidak sedap. Maka dari itu, setelah mandi, Anda bisa mengeringkan badan hingga kering total sebelum mengenakan baju.

  • Jaga Kebersihan

Untuk mencegah terjadinya bau badan, Anda perlu menjaga kebersihan dengan cara mandi minimal satu kali dalam sehari. Sebab mandi dapat membantu Anda dalam mengurangi jumlah bakteri pada tubuh Anda.

Anda bisa membersihkan bagian yang mengeluarkan keringat lebih banyak, seperti bagian ketiak dan selangkangan Anda. Anda juga bisa gunakan sabun antibakteri sehingga dapat mengurangi bakteri pada kulit Anda.

  • Gunakan Obat Alami

Jika Anda ingin menggunakan bahan-bahan yang aman dan tepat agar bisa mengurangi bau badan, Anda bisa menggunakan obat alami, seperti nenerapa diantaranya yaitu cuku apel, daun jambu biji, mentimun, dan lainnya.

Anda bisa menggunakan sedikit gula agar dapat melakukan scrub alami saat sedang mandi agar bisa menghilangkan bau badan.

Demikian ulaan mengenai tips menghilangkan bau badan secara ampuh dan aman, sehingga Anda bisa menjalani kehidupan sehari-hari lebih percaya diri dan tidak membuat orang lain merasa risih, sehinnga Anda bisa wangi seharian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *