5 Cara Siapkan Liburan Akhir Tahun yang Hemat

Kredivo on Twitter: "Hi Kredipal, udah pada rencanain liburan akhir tahun  kemana? Kamu sebaiknya beli tiket 3 bulan sebelumnya agar bisa dapat harga  terbaik. Pakai cicilan Kredivo aja untuk pesan tiket pesawat

Meskipun harga tiket pesawat masih mahal, antusias orang untuk menyiapkan liburan di akhir tahun ini terlihat cukup tinggi. Ini salah satunya terlihat dari banyaknya promo akomodasi travel dan paket liburan yang sudah gencar berjalan. Khususnya di media sosial dan berbagai platform online travel agent

Hampir 3 tahun hidup berbarengan dengan pandemi, kesempatan libur di akhir tahun tentu menjadi opsi menarik yang nggak ingin kamu lewatkan. Di satu sisi, bujet biasanya menjadi kendala bagi orang yang mau liburan di akhir tahun karena termasuk peak season. Di mana permintaan tinggi, sehingga harganya pun akan naik. Terlebih, setelah kasus covid mereda, harga akomodasi travel juga cenderung belum stabil. 

Tapi, nggak perlu khawatir. Sebab, ada 5 cara yang bisa kamu coba dari sekarang untuk bisa pergi berlibur di akhir tahun dengan lebih hemat. Berikut ini ulasannya.  

Tentukan destinasi & budget yang sesuai kondisimu

Setiap dari kita, pasti punya destinasi liburan impian yang ingin didatangi. Tetapi, belum tentu kondisi keuangan kita sekarang sudah memadai untuk bisa berkunjung ke destinasi tersebut. 

Nah, di sinilah pentingnya pertama kali untuk mengukur kemampuan keuangan supaya kita tahu destinasi mana yang bisa kita kunjungi? Atau sejauh apa kita bisa pergi liburan?

Dengan memilih destinasi yang sesuai kantong, tentu kamu bisa jadi lebih berhemat dan dapat menyusun itinerary tanpa beban dan tanpa harus pusing untuk cari dananya. Alih-alih memaksakan pinjam uang untuk liburan yang belum bisa kamu penuhi, liburan nanti akan lebih menyenangkan kalau tanpa beban keuangan, toh?

Sebagai contoh, jika kamu berencana liburan di bulan Desember, berarti masih ada waktu kurang lebih 3 bulan untuk bisa menabung dan menyiapkan dananya. Kalau budget yang perlu dikeluarkan adalah Rp 5 juta, maka kamu bisa mulai menyusun langkah menabung selama 3 bulan dan daftar akomodasi yang harus segera dibeli dari sekarang.

 

Pantau ketersediaan & harga tiket minimal 3 bulan sebelumnya

Seperti yang kita tahu, meski traveling sudah lebih dilonggarkan dan berbagai negara juga sudah membuka akses untuk turis, harga tiket juga masih perlu waktu untuk kembali stabil.

Oleh karena itu, hindari membeli tiket pesawat atau tiket akomodasi lainnya secara mendadak untuk liburan akhir tahunmu. Terlebih kalau budget traveling kamu terbatas. Untuk liburan akhir tahun, usahakan dari sekarang kamu sudah memantau ketersediaan dan harga tiket sesuai destinasi yang ingin dituju. 

Subscribe newsletter online travel agent untuk mendapat tawaran dan promosi yang menarik supaya nantinya pembelian tiket bisa jadi lebih hemat. 

Pesan semua akomodasi di awal sebelum keberangkatan

Untuk kamu yang suka spontan dan menganut prinsip You Only Live Once, sebaiknya untuk sementara dihindari dulu, ya. Terlebih jika kamu berniat hanya beli tiket dan akomodasi pergi, sisanya urusan nanti. Sebab, bisa dipastikan justru harganya bisa melonjak atau bahkan kamu nggak kebagian tiket pulang. 

Akan lebih baik, semua akomodasi yang kamu butuhkan untuk berlibur sudah dipesan dan disiapkan di awal. Mulai dari tiket pergi, hotel di tempat tujuan, sampai tiket pulang. Dengan begitu, kamu bisa mengunci budget di awal supaya tidak ada pembengkakan budget yang malah bikini boncos. 

Gunakan cicilan kredit online untuk meringankan cashflow

Untuk kamu yang berencana traveling ke luar negeri dan mau pesan tiket dari sekarang, kamu dapat memanfaatkan cicilan kredit online yang tersedia di berbagai online travel agent

Ada Tiket.com dan pegipegi.com, jika kamu ingin menggunakan layanan kredit berbasis online seperti Kredivo. Selain dua online travel agent tersebut, kamu juga bisa pesan langsung di website maskapai seperti Garuda Indonesia dan Citilink dengan menggunakan cicilan Kredivo. 

Ini bisa menjadi alternatif jika kamu mau pesan tiket segera alih-alih menunggu tabungan cukup untuk menghindari harga yang mahal. Sebagai gantinya, sisihkan uang tabungan per bulan untuk bayar cicilan akomodasi sampai lunas sesuai tenor yang dipilih. 

Menariknya, Kredivo menyediakan opsi cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan yang bisa membuat liburan kamu lebih hemat. Cicilan ini berlaku untuk minimal transaksi sebesar 500 ribu dan bisa kamu manfaatkan untuk beli tiket pesawat, kereta api, tiket bus, sampai hotel untuk liburanmu. 

Pastikan kondisi vaksin lengkap & siapkan dana untuk tes Covid

Nggak mau, kan, sudah keluar uang untuk beli akomodasi liburan, eh malah nggak bisa pergi karena kondisi vaksin belum lengkap?

Sebelum pergi, pastikan kamu sudah menerima vaksin sesuai dengan syarat perjalanan yang berlaku, ya. Agar lebih aman, pastikan kamu sudah menerima vaksin dosis ketiga atau booster, dan lengkap beserta sertifikat vaksinnya. 

Jika kamu mengalami kondisi khusus yang membuat belum bisa vaksin, maka kamu perlu siapkan dana khusus untuk melakukan tes Covid sesuai syarat perjalanan yang berlaku. Dengan begitu, travelingmu akan lebih lancar sesuai rencana. 

Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *