Teknik Dasar Sepak Bola Untuk Penjaga Gawang

Permainan sepakbola memang unik, hampir semua posisi dalam permainan sepak bola membutuhkan teknik tersendiri. Salah satunya adalah teknik dasar sepakbola khususnya penjaga gawang. Sekilas posisi ini sangat mudah dilakukan,namun faktanya dibutuhkan teknik dasar dalam permainan sepak bola untuk posisi ini.

Kiper memiliki tugas berat dibandingkan 10 pemain lainnya yang bermain di lapangan. Ia bertugas untuk menjaga gawang dari serangan tim lawan. Menjadi seorang kiper yang hebat tidaklah mudah. Kiper harus tahu teknik dasar yang baik agar bisa menjaga gawang dari serangan lawan. Untuk itu  Anda harus mengetahui beberapa teknik menjadi kiper yang supayadapat bermain dengan bagus di lapangan.

Berikut ini teknik dasar permainan sepak bola bagi kiper yang harus Anda tahu agar anda sehebat kiper legendaris Buffon:

1. Teknik Menangkap Bola

Teknik ini merupakan teknik paling dasar dalam permainan sepak bola yang harus dikuasai oleh seorang kiper. Karena tugas utama seorang kiper yaitu menjaga gawang timnya dari kebobolan, maka menangkap bola dengan baik merupakan salah satu hal wajib yang dikuasai oleh kiper dalam tim. Dengan teknik yang tepat, maka akan menghindari terjadinya bola jatuh atau memantul.

Ada 2 teknik dalam menangkap bola yang umumnya dilakukan. Pertama, tangkapan bola atas. Lalu, yang kedua tangkapan bola bawah.

Tangkapan bola atas digunakan ketika bola yang datang berada di atas pinggang dan kepala Anda. Caranya dengan memastikan tangan selalu menyerupai huruf W. Hal tersebut dilakukan agar tangan siap untuk menangkap bola dengan tepat. Setelah bola tertangkap, letakkan bola ke dada dengan posisi memeluk untuk menghindari bola lepas dari tangkapan.

Tangkapan bola bawah digunakan ketika bola yang datang berada di bawah area pinggang anda atau bola mendatar.

Caranya dengan menjatuhkan lengan anda dan menariknya ke bagian dada. Ketika bola sudah menyentuh tangan, tekuklah salah satu kaki untuk menghindari bola lepas dan meluncur di sela-sela kaki Anda.

2. Teknik Menepis Bola

Seorang kiper juga harus pandai dalam menepis bola yang datang ke area gawang. Teknik menepis biasa dilakukan ketika bola meluncur deras ke area gawang ke posisi yang sulit dijangkau seperti pojok gawang. Teknik ini dilakukan jika kiper tidak dapat menangkap bola di sudut tertentu.

Dalam permainan sepakbola, tak jarang kiper harus menepis tendangan-tendangan keras dari jarak dekat maupun jauh. Seorang kiper harus mempunyai keberanian yang tinggi dalam menepis bola. Ketika bola mengarah ke area gawang, seorang kiper harus jeli dalam mengambil keputusan. Apakah bola yang datang baiknya ditangkap atau ditepis.

Posisikan badan anda dengan tegap. Fokuskan pandangan ke arah bola. Buka kedua tangan dengan lebar untuk memudahkan ketika hendak menepis bola. Saat bola datang ke area atas, gunakan tangan anda untuk menepis. Namun, jika bola meluncur di area bawah, gunakan kaki untuk menepis bola. Lalu buang bola dan arahkan ke atas atau ke samping untuk menghindari terjadinya rebound.

3. Teknik Melempar Bola

Mengumpan bola dengan cara melempar bola kepada rekannya yang paling dekat. Seorang kiper harus memiliki lemparan yang cepat dan akurat, karena tak jarang dalam situasi serangan balik bola harus segera dikirim dengan cepat dimulai dari kiper.

Caranya tentukan terlebih dahulu rekan yang hendak diberi umpan. Gunakan salah satu lengan terkuat untuk melempar. Sesuaikan kekuatan lemparan dengan jarak pemain yang dituju.

4. Teknik Menendang

Teknik menendang biasa dilakukan oleh kiper ketika hendak melakukan tendangan gawang. Kiper harus menendang sejauh mungkin bola agar bola sampai ke area pertahanan lawan.

Kiper juga harus mampu melakukan tendangan voli ketika hendak mengumpan dan posisi bola sedang aktif. Latihlah akurasi dan kekuatan tendangan agar bola dapat diterima dengan baik oleh rekan satu tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.