Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan

Sawi hijau adalah salah satu jenis dari keluarga sawi-sawian atau dengan nama latin Brassicaceae. Sama halnya seperti sayuran hijau lainnya, sawi hijau ini mengandung anti-oksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, sawi hijau ini juga mengandung serat sangat bagus untuk kesehatan sistem pencernaan serta menurunkan kadar koleterol. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya tentang manfaat sawi hijau untuk kesehatan sebagai berikut ini :

  1. Mendukung Fungsi Hati

Manfaat sawi hijau yang pertama adalah untuk mendukung fungsi hati. Hal ini dikarenakan efek anti- inflamasi serta mengandung klorofil cukup tinggi yang berfungsi sebagai detoksifikasi. Selain itu, sawi hijau juga dapat menetralkan logam berat, bahan kimia, serta pestisida yang ada di dalam tubuh manusia. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa makanan yang mengandung klorofil tinggi bisa berperan penting dalam mecegah kanker. 

  1. Adanya Zat Fitonutrien

Fitonutrien ini merupakan bahan kimia alami yang bisa ditemukan pada makanan nabati. Dimana, zat kimia yang satu ini dapat membantu untuk melindungi tanaman dari kuman, serangga, jamur, serta hama lainnya. Selain itu, zat ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Yang mana, fitonutrien ini dapat mengurangi risiko kanker, jantung, diabetes, obesitas, dan memperlambat proses penuaan otak.

  1. Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Perlu diketahui bahwa sawi hijau ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan pengikatan empedu, terutama saat dimasak. Nah, bagi orang dengan kolesterol tinggi, maka mereka tidak menghasilkan cukup empedu atau mengalami kesulitan untuk merubah kolesterol menjadi asam empedu. Hal ini terjadi karena konsumsi lemak yang terlalu tinggi serta sayuran hijau yang tidak cukup dalam makanan atau bisa juga karena usus besar atau disfungsi hati. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengonsumsi sawi hijau. Karena dengan kemampuannya untuk mengikat asam empedu ini serta menurunkan kolesterol jahat. Sedangkan asam empeu tersebut dihubungkan dengan peningkatkan risiko kanker. Jadi, dengan pengikatan asam empedu ini bisa membanti untuk menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *